Kompas TV regional berita daerah

Atasi Jalan Rusak Pemprov Jabar punya Resep Jamu Jalan Mulus

Kompas.tv - 16 November 2022, 14:21 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Jamu atau jalan mulus menjadi program prioritas pemerintah provinsi jawa barat, dalam menangani jalan rusak di jawa barat dari 2.360,58 kilo meter, jalan provinsi lebih dari 400 kilo meter mengalai rusak berat.

Provinsi jawa barat memiliki panjang jalan 2.360 kilo meter dengan 287 ruas jalan yang tersebar di 27 kabupaten kota.

Berdasarkan data dari dinas binamarga dan penataan ruang provinsi jawa barat  421,07 kilo meter jalan kewenangan pemprov jabar dalam kondisi rusak berat dan harus direkonstruksi.

Dari januari sampai 4 maret 2022 jalan rusak yang telah ditangani pemprov jabar mencapai  612 kilo meter dari 1.100 km jalan rusak.

Sebagai upaya mewujudkan jalan mulus di jabar pemprov jabar telah meminta dinas bina marga di 27 kota dan kabupaten,  untuk rutin melakukan pemeliharaan dan merespons keluhan-keluhan masyarakat sejauh ini 6 uptd sudah mulai bekerja, dengan keterbatasan anggaran yang belum turun melalui unit reaksi cepat di masing-masing uptd.

Sejumlah program telah digulirkan pemprov jabar untuk menangani jalan rusak di antaranya jamu  desa atau jalan mulus perdesaan, program ini bagian dari proyek prioritas gubernur jawa barat ridwan kamil, yang menginginkan setiap wilayah hingga level desa memiliki jalan ikonik.

Sampai saat ini sisa kondisi jalan yang rusak di jawa barat mencapai sekitar 450 km dengan perkiraan anggarannya butuh Rp1.9 trilyun.

Keterbatasan anggaran lagi-lagi jadi tantangan  pemprov jabar mewujudkan jalan mulus di jabar saat ini. kepala dinas bina marga dan penataan ruang atau bmpr jabar bambang tirtoyuliono untuk merekonstruksi jalan rusak tersebut butuh  dana Rp1,9 triliun.

Sementara saat ini bmpr jabar untuk tahun 2022 mendapatkan alokasi anggaran sebesar  1,1 triliun rupiah atau lebih rendah dari tahun anggaran sebelumnya yang mencapai Rp1,3 triliun.


Mengatasi keterbatasan anggaran pemprov jabar telah menyiapkan strategi, penanganan jalan yang rusak di jawa barat di antaranya, akan berkoordinasi dengan bappenas dan kementerian pupr untuk pembiayaan anggaran.

Dalam tahun-tahun akhir masa kepemimpinan ridwan Rk dan Uu  pemprov jabar menggenjot target penyelesaian jalan mulus ini hingga berhasil sebelum masa kepemimpinan berakhir.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klik link di bawah . IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw..

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/346225/...

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x