Kompas TV regional berita daerah

Mengasah Keterampilan, Relawan di Pekalongan Latihan Siaga Bencana

Kompas.tv - 16 November 2022, 12:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, memberikan pelatihan siaga bencana kepada puluhan relawannya. Kegiatan ini sebagai antisipasi menghadapi bencana serta peningkatan kapasitas relawan PMI yang sigap dan tangguh.

Kegiatan pelatihan digelar di aula PMI Kabupaten pekalongan selama dua hari, dengan diikuti sebanyak 65 relawan dari 19 kecamatan. Salah satu materinya ialah melakukan penyelamatan pada korban patah tulang.

PMI menggelar pelatihan pertolongan pertama agar menjadi relawan yang sigap disetiap situasi dan kondisi serta paham apa yang harus dilakukan agar para relawan bisa langsung bersikap cepat dan tanggap.

Mereka diharapkan tidak menjadi relawan yang kikuk dan canggung, karena pertolongan pertama menjadi kunci utama terhadap kelangsungan hidup korban. Pelatihan relawan siaga bencana digelar juga dalam rangka menyiapkan petugas di lapangan secepat mungkin terutama saat terjadi bencana. 

"Untuk menghadapi situasi darurat seperti becana alam, yang baru-baru ini terjadi di wilayah Kajen mengenai angin puting beliung. Kami dari pengurus PMI menyiapkan relawan-relawan yang tangguh," ujar Keman, pengurus PMI Kabupaten Pekalongan.

Dalam pelatihan ini, seluruh relawan diberikan ilmu tentang kepalangmerahan langsung oleh instruktur PMI Kabupaten Pekalongan agar menjadi relawan yang tangguh dan siap bekerja di dalam situasi dan kondisi apapun.

#pmi #relawan #pelatihan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.