Kompas TV nasional budaya

Ketika Para Pemimpin Dunia Kenakan Busana Wastra Nusantara di Welcoming Dinner KTT G20

Kompas.tv - 16 November 2022, 08:35 WIB
ketika-para-pemimpin-dunia-kenakan-busana-wastra-nusantara-di-welcoming-dinner-ktt-g20
Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Bali, Payas Agung, saat menyambut kepala negara dalam jamuan makan malam KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

DENPASAR, KOMPAS.TV – Busana nuansa wastra nusantara tampak dikenakan oleh sejumlah pemimpin dunia saat menghadiri welcoming dinner KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/2022) malam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama ibu Iriana pun menyambut para tamunya dengan menggunakan pakaian adat Bali. Hal ini semakin membuat acara yang digelar di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) kental dengan unsur kebudayaan.

Untuk diketahui, istilah wastra Indonesia bukan hanya merujuk pada kain batik yang memiliki corak indah. Namun tenun, songket, atau ulos juga termasuk dalam kategori wastra Indonesia.

Istilah wastra sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti sehelai kain.

Artinya, berbagai jenis kain tradisional lainnya yang berasal dari segala penjuru daerah di Indonesia bisa disebut dengan wastra.


Setiap wastra memiliki motif, pola, dan warna yang berbeda antara satu dan lainnya. Tentu, motif dan warna yang tergambar dari setiap wastra itu mempunyai filosofi dan cerita yang mendalam.

Dari tayangan live streaming kanal tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau hadir mengenakan kemeja berwarna cerah yakni magenta. Semakin terlihat mencolok dengan kombinasi celana panjang hitam dan sepatu yang senada.

Baca Juga: Kisah Sukses Besar Gastrodiplomasi di KTT G20, dari China, Argentina hingga Sukses Indonesia

Sebelum memasuki lokasi perjamuan, ia sempat berfoto bersama dengan Presiden Jokowi dengan latar belakang kemegahan GWK.

Kemudian pemimpin Inggris yang baru saja dilantik, PM Rishi Sunak mengenakan atasan bernuansa tradisional berwarna merah. Pilihan warnanya senada dengan PM India Narendra Modi yang juga hadir dalam jamuan makan malam tersebut.

Penampilan yang juga menarik perhatian adalah Presiden China Xi Jinping dengan kemeja biru keunguan. Ia tampil kompak bersama sang istri yang mengenakan gaun putih namun bros dan selendang dari kain yang sama.

Mengutip dari Kompas.com, wastra nusantara yang dipilih para pemimpin dunia ini agaknya merupakan endek, tenun tradisional Bali. Kekayaan budaya lokal ini memang dikenal dengan warna yang cerah dengan motifnya yang khas.

Hadir juga Presiden Korea Selatan, Yoon Seuk Yol dengan busana berwarna biru dan didampingi istrinya, Kim Keun Hee yang kali ini mengenakan gaun putih.

Dalam momen sebelumnya, ibu negara Korea Selatan ini menuai pujian dari netizen Indonesia karena penampilannya yang awet muda. Kehadirannya di welcoming dinner KTT G20 ini kembali menegaskan pilihan fashionnya yang anggun sekaligus modis.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA


Opini

"Arch of Constantine"

24 April 2024, 20:58 WIB

Close Ads x