Kompas TV entertainment lifestyle

Kebiasaan Sepele yang Bikin Anda Terlihat Tua, Salah Satunya Minum Pakai Sedotan

Kompas.tv - 16 November 2022, 06:50 WIB
kebiasaan-sepele-yang-bikin-anda-terlihat-tua-salah-satunya-minum-pakai-sedotan
Minum pakai sedotan ternyata membuat wajah Anda terlihat lebih tua. (Sumber: Pexels/Leah Kelley)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kajian mengenai penuaan dini, termasuk penyebab hingga solusinya telah menjadi pembahasan sejak lama. Namun, penuaan dini selalu menjadi masalah dari tahun ke tahun.

Ada sejumlah kebiasaan sepele yang secara tak sadar membuat Anda terlihat lebih tua ketimbang umur Anda yang sebenarnya. Sesepele minum pakai sedotan pun ternyata menjadi penyebabnya.

Perawatan dan produk skincare yang mahal belum tentu membuat Anda terlihat lebih muda jika kebiasaan sepele ini terus menerus dilakukan.

Baca Juga: Pasta Gigi untuk Obati Jerawat? Ketahui Sejumlah Mitos dan Fakta Soal Perawatan Wajah

Yuk, cari tahu apa saja kebiasaan sepele yang bikin Anda terlihat tua.

1. Keseringan menggosok mata

Melansir Everyday Health, menggosok mata mungkin salah satu aktivitas sepele dan bukan masalah besar. Dokter kulit bersertifikat di New York City, Paul Jarrod Frank, MD mengatakan bahwa menggosok mata dapat meningkatkan peradangan di sekitar mata.

Sementara itu, dokter kulit di California, Tanya Nino, MD mengatakan bahwa menggosok mata secara terus menerus dapat memengaruhi garis di sekitar mata Anda.

Cari tahu apa yang membuat Anda kerap menggosok mata. Jika itu alergi, maka hindarilah alergennya. Konsultasikan hal ini lebih lanjut dengan ahlinya.

Baca Juga: Teh Daun Kelor Jadi Souvenir di KTT G20, Ternyata Manfaatnya Enggak Main-main

2. Minum pakai sedotan

Anda sering nongkrong dan menghabiskan bergelas-gelas es kopi susu atau es teh? Kebanyakan minuman kekinian memberikan sedotan bagi pelanggannya untuk minum. Ternyata, minum pakai sedotan bisa menyebabkan penuaan dini. Kok bisa?

Dokter Nino mengatakan bahwa saat Anda menggunakan sedotan untuk minum, Anda mengaktifkan otot-otot di sekitar bibir.

“Semakin kita mengaktifkan otot-otot itu, semakin besar kemungkinan kita mendapatkan lipatan di kulit,” kata Nino. Itu sama seperti perokok yang memiliki risiko kerutan di sekitar mulut karena kerutan di bibir yang berulang.

Lantas, haruskah kita berhenti menggunakan sedotan? Tak juga, Anda tidak harus menghindari sedotan, tetapi kapan pun Anda bisa minum tanpa sedotan, lewati saja.

3. Cemberut melulu

Melansir Best Life Online, cemberut tak hanya membuat Anda dijauhi orang lain, tetapi juga membuat wajah terlihat lebih tua.

Peneliti di Max Planck Institute for Human Development di Berlin menemukan fakta bahwa peserta yang tersenyum terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

Baca Juga: Konsumsi 5 Minuman Ini Sebelum Tidur, Berat Badan Turun di Pagi Harinya

4. Membungkuk

Postur merupakan salah satu hal yang kerap diabaikan. Anak muda adalah mereka yang masih tegap dan memiliki postur yang baik. Beda halnya dengan orang tua yang kerap ditampilkan dengan postur yang sedikit membungkuk.

Kerap membungkuk dapat berpengaruh pada bentuk tulang belakang Anda. Hal itu membuat Anda jauh terlihat tua. Jadi, cobalah untuk memperbaiki postur, baik saat berada di ruang kerja, tidur, dan berolahraga.



Sumber : Everyday Health/Best Life Online

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.