Kompas TV nasional sapa indonesia

Jokowi Kembali ke Solo Usai Pilpres 2024, Indikator Politik: Bukan Berarti Melepas Dunia Politik

Kompas.tv - 15 November 2022, 22:18 WIB
jokowi-kembali-ke-solo-usai-pilpres-2024-indikator-politik-bukan-berarti-melepas-dunia-politik
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Jokowi meninjau langsung harga minyak goreng curah di Pasar Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022). (Sumber: Dokumentasi/Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, Presiden Joko Widodo tidak pensiun dari dunia politik setelah purnatugas dari jabatan presiden pada 2024. 

Muhtadi yakin, orang yang berkiprah di dunia politik, tidak akan pensiun meski tugas formal selesai. 

Jokowi dianggap tidak sekadar "pulang kampung", dengan mengesampingkan kesempatan ke depan. Apalagi dari segi umur Jokowi masih memiliki energi dan stamina untuk tetap bertahan di politik. 

"Saya tidak yakin pulang kampung untuk selamanya tanpa mendarmakan energi dan baktinya pasca-2024," ujar Muhtadi di program Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Pidato Pembukaan Jokowi di G20, Pengamat: Jokowi Ingin Sampaikan Asas Gotong Royong

Muhtadi menambahkan berkaca dari Amerika Serikat, pemimpin negara yang purnatugas hanya rehat sebentar menikmati waktu pensiun dari jabatan presiden. 

Setelah itu membuat sebuah pusat kepresidenan berupa museum atau perpustakaan yang memberi inspirasi bagi generasi muda. 

Semisal Barack Obama yang membangun pusat Kepresidenan Obama di pinggiran selatan Kota Chicago, Amerika Serikat. 

Muhtadi menilai hal ini bisa menjadi contoh untuk Jokowi yang akan purnatugas pada 2024 mendatang. Namun tempat pusat kepresidenan Jokowi tidak di Solo tapi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca Juga: Makna dan Filosofi Baju Adat Bali yang Dipakai Jokowi dalam Jamuan Makan Malam KTT G20

"Nusantara ini yang memulainya adalah Jokowi, jadi agak berbeda dari Amerika, bikin saja di Ibu Kota Baru, toh siapapun presiden terpilih punya kewajiban mewujudkan IKN," ujar Muhtadi.

"Saya kira Pak Jokowi akan melanjutkan aktivitasnya. Saya tidak yakin pak Jokowi di usia 63 tahun di 2024 kemudian balik kampung tanpa memikirkan hal lain di luar dari pasca-pensiun," sambung Muhtadi.  

Ditanya dalam sesi wawancara the Economist, Presiden Jokowi menjawab rencananya kala purnatugas sebagai presiden Republik Indonesia.

Jokowi mengatakan, akan kembali ke tanah kelahirannya di Solo, Jawa Tengah. 

Baca Juga: Berpidato di KTT G20 Bali, Jokowi Minta Perang Dihentikan

"Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup," kata Jokowi.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x