Kompas TV olahraga sepak bola

PT LIB Sebut Liga 1 Kemungkinan Kembali Bergulir pada 2 Desember

Kompas.tv - 15 November 2022, 22:02 WIB
pt-lib-sebut-liga-1-kemungkinan-kembali-bergulir-pada-2-desember
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus (kedua dari kiri) berfoto bersama Direktur LIB Munafri Arifuddin (kiri), Direktur Operasional LIB Sudjarno (kanan) serta Komisaris Utama LIB Juni Rahman (kedua dari kanan) usai ditunjuk memimpin LIB dalam RUPS luar biasa di Jakarta, Selasa (15/11/2022). (Sumber: ANTARA/Michael Siahaan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus mengatakan bergulirnya kembali Liga 1 musim 2022-2023 paling mungkin digelar pada 2 Desember mendatang. 

Ferry Paulus yang baru saja ditunjuk sebagai Dirut PT LIB menggantikan Akhmad Hadian Lukita menambahkan pihaknya akan mengajukan perizinan mulai besok. 

"Paling realistis dimulai kembali tanggal 2 Desember," kata Ferry Paulus dikutip dari Antara, Selasa (15/11/2022).

"Mulai besok akan ada proses pengajuan perizinan dan beberapa hari ke depan mungkin ada perkembangan," imbuhnya.

Namun pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Olahraga Persija itu mengungkapkan, PT LIB akan mengikuti semua arahan dari pemerintah terkait liga.

Hal itulah yang membuat PT LIB juga belum bisa memastikan soal format kelanjutan Liga 1.

Sejauh ini masih ada opsi tetap dengan sistem kandang-tandang seperti sebelumnya atau kembali ke sistem gelembung (bubble) seperti musim 2021-2022 yang dilangsungkan ditengah pandemi Covid-19. 

"PT LIB dan pemegang saham paling menginginkan format home and away. Akan tetapi, kami mengikuti keputusan pemangku kepentingan," ujar Ferry Paulus. 

Baca Juga: Liga 1 Belum Ada Kejelasan, Persebaya Surabaya Tetap Rutin Lakukan Latihan

Sementara menurut Komisaris Utama LIB Juni Ardianto Rahman, apablia Liga 1 2022/2023 dapat bergulir lagi mulai 2 Desember 2022, kompetisi bisa diselesaikan tepat waktu pada 16 April 2023 jika menggunakan format kandang dan tandang. Ini pun dengan catatan liga tetap berlangsung saat Piala AFF 2022.

PT LIB akan menyusun jadwal yang bisa mengakomodir masa pemulihan (recovery) pemain bisa empat sampai lima hari antarpertandingan. 

Tapi jika kelanjutan Liga 1 digelar lebih dari 2 Desember maka akan sulit menyelesaikan kompetisi tepat waktu dengan format kandang. 

"Namun, kalau tak berlangsung juga pada tanggal 2 Desember, akan sangat berat untuk home and away karena waktu pemulihan pemain sangat singkat," tutur Juni.

PT LIB sendiri sebenarnya punya tiga rencana tanggal dimulainya kembali Liga 1 yaitu 18 November, 25 November dan 2 Desember 2022.

Terlepas kapan dimulainya lagi liga, PT LIB berkomitmen menyelesaikan kompetisi pada 16 April 2023 demi memberikan waktu untuk pelaksanaan Piala Dunia U20 yang dimulai pada Mei 2023.

Liga 1 Indonesia musim 2022-2023 hingga saat ini masih dihentikan sementara sejak 2 Oktober 2022 menyusul terjadinya peristiwa Tragedi Kanjuruhan di Malang.

Peristiwa yang terjadi selepas laga Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya itu memakan 135 korban dan melukai ratusan lainnya. 

Baca Juga: PT LIB Pastikan Liga 1 Berlanjut tapi Format Masih Belum Dipastikan



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x