Kompas TV nasional peristiwa

Polisi Pastikan Satu Keluarga yang Meninggal di Kalideres Bukan karena Kelaparan

Kompas.tv - 15 November 2022, 21:27 WIB
polisi-pastikan-satu-keluarga-yang-meninggal-di-kalideres-bukan-karena-kelaparan
Polisi memastikan sekeluarga terdiri dari empat orang yang meninggal di Perumahan Citra Garden 1, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (10/11/2022) bukan akibat kelaparan. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Polisi memastikan sekeluarga terdiri dari empat orang yang meninggal di Perumahan Citra Garden 1, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (10/11/2022), bukan akibat kelaparan.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan mengatakan, dugaan awal bahwa mereka meninggal karena kelaparan, tidak terbukti.

Dugaan kelaparan awalnya muncul karena hasil autopsi menunjukkan tidak ada sisa sari makanan di lambung korban, serta otot keempat jenazah yang juga sudah mengecil.

"Bisa dikatakan untuk sementara memang tidak mengarah kepada kelaparan. Kami tidak menemukan adanya penyebab utama karena mati kelaparan," ujar Zulpan saat dikonfirmasi, Selasa (15/11/2022), dikutip dari Kompas.com.

Meski menyebut bukan akibat kelaparan, Zulpan belum dapat menjelaskan lebih lanjut soal dugaan sementara penyebab kematian keempat orang tersebut.


Baca Juga: Kejanggalan Kasus Kematian Satu Keluarga di Kalideres, Polisi Tak Temukan Tanda Kekerasan

Dia hanya mengatakan bahwa penyidik sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) ulang dan kini tengah mendalami sejumlah alat bukti baru yang ditemukan.

"Kami sudah dapat beberapa bukti di TKP, petunjuk dan sebagainya, tetapi memang belum bisa kami sampaikan secara langsung dan detail karena masih memerlukan waktu," ungkap Zulpan.

"Intinya sementara bukan karena kelaparan, tetapi penyebabnya apa karena menganut aliran tertentu atau ada hal lain? Ini masih didalami," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, empat orang anggota keluarga ditemukan tewas di dalam rumahnya, Perumahan Citra Garden 1, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (10/11/2022).

Jasad satu keluarga yang telah membusuk itu ditemukan pertama kali oleh warga setempat yang sebelumnya terganggu oleh bau tak sedap di daerah permukiman mereka.

Keempat korban itu adalah Rudyanto Gunawan (71) yang ditemukan dalam posisi tertidur di atas kasur di kamar belakang.

Kemudian, istri Rudyanto bernama Margaretha Gunawan (68) ditemukan di kamar depan dalam posisi tertidur di atas kasur.

Di kamar yang sama juga ditemukan jasad anak dari Rudyanto-Margaretha bernama Dian (40), tetapi letaknya di lantai.

Baca Juga: Puslabfor Polri Teliti Temperatur Tiga Ruangan di Rumah Sekeluarga Tewas di Kalideres, Ini Tujuannya

Terakhir, yakni ipar dari Rudyanto bernama Budyanto Gunawan yang ditemukan dalam posisi terlentang di sofa ruang tamu.

Sejauh ini, polisi menduga mereka meninggal dunia dalam waktu yang berbeda-beda. Namun, waktu tewas satu keluarga yang dikenal sangat tertutup dari lingkungan sekitar itu diperkirakan terjadi lebih dari dua pekan lalu.

Tak ada tanda kekerasan pada jasad mereka. Belum pula ditemukan zat atau unsur berbahaya di organ dalam jenazah.

 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.