Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Direktur CIA Burns Bertemu Bos Intelijen Rusia di Turki, Bahas Apa

Kompas.tv - 15 November 2022, 02:05 WIB
direktur-cia-burns-bertemu-bos-intelijen-rusia-di-turki-bahas-apa
Direktur CIA Bill Burns hari Senin, (14/11/2022) waktu Ankara, Turki akan bertemu mitranya bos intelijen Rusia SVR Sergei Naryshkin menurut informasi pejabat Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Direktur CIA Bill Burns akan bertemu mitranya bos intelijen Rusia SVR Sergei Naryshkin pada hari Senin (14/11/2022) di Ankara, Turki.

Laporan Associated Press, Senin, informasi ini diperoleh dari salah satu pejabat Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih.

Pejabat itu, yang tidak berwenang untuk berkomentar secara terbuka dan berbicara dengan syarat anonim, mengatakan Burns dan Sergei Naryshkin, kepala agen mata-mata Rusia SVR, tidak akan membahas penyelesaian perang di Ukraina.

Burns diperkirakan akan mengangkat kasus bintang Phoenix Mercury Brittney Griner dan eksekutif keamanan perusahaan Michigan Paul Whelan, dua orang Amerika yang ditahan di Rusia. Pemerintahan Biden selama ini menekan agar keduanya dibebaskan dalam pertukaran tahanan.

Pertemuan Burns-Naryshkin menandai pertemuan tatap muka tingkat tinggi antara pejabat AS dan Rusia sejak sebelum Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan serangan ke Ukraina bulan Februari.

Pejabat AS mengatakan, pejabat Ukraina diberi pengarahan sebelum perjalanan Burns ke Turki.

Presiden Joe Biden, setelah bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia, mengatakan kepada wartawan bahwa mereka membahas perang Rusia di Ukraina.

Baca Juga: Jelang KTT G20, Menkeu AS Ungkap Cara Terbaik Akhiri Gejolak Ekonomi Global: Akhiri Perang Ukraina

Direktur Badan Intelijen Rusia, Sergey Naryshkin. Direktur CIA Bill Burns hari Senin, (14/11/2022) waktu Ankara, Turki, akan bertemu mitranya bos intelijen Rusia SVR Sergei Naryshkin menurut informasi pejabat Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih. (Sumber: Artyom Geodakyan/TASS)

Biden menambahkan, "Menegaskan kembali keyakinan kita bersama bahwa ancaman penggunaan senjata nuklir sama sekali tidak dapat diterima."

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada hari Senin mengatakan dia tidak dapat mengonfirmasi atau menyangkal laporan pembicaraan AS-Rusia di Turki.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x