Kompas TV internasional kompas dunia

Mengenang 18 Tahun Kematian Yasser Arafat, Tokoh Pembebasan Palestina dan Penyeru Perdamaian Dunia

Kompas.tv - 15 November 2022, 07:20 WIB
mengenang-18-tahun-kematian-yasser-arafat-tokoh-pembebasan-palestina-dan-penyeru-perdamaian-dunia
Yasser Arafat, pemimpin Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), lahir di Kairo, Mesir pada Agustus 1929 dan wafat di Paris, Prancis pada 11 November 2004. (Sumber:Kompas.com -)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bendera berwarna kuning itu terbentang di tengah lautan manusia di Jalur Gaza, Palestina, Jumat 11 November lalu. Bendera kelompok Fatah itu sengaja dikibarkan untuk mengenang 18 tahun kematian Yasser Arafat, tokoh pembebasan Palestina.

Nama Yasser Arafat memang menjadi legenda yang tak tergantikan di Palestina, bahkan bagi sebagian negara-negara Timur Tengah dan negara-negara muslim dunia lainnya.

Sosok lelaki yang selalu berpenampilan khas, dengan kafiyeh dan pistol di pinggang itu, adalah ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO). 

Perjuangannya di PLO amat panjang, dari 1969 hingga menjelang kematiannya pada 2004. Pria kelahiran Kairo, Mesir pada 1929 ini, berada di garis depan, mewakili Palestina dalam perselisihan dengan Israel selama bertahun-tahun.


Baca Juga: Israel Gelar Pemilu Kelima dalam Kurun 3,5 Tahun, Kandidat Ekstrem Kanan Menguat, Palestina Terancam

Namun perlawanannya kepada Israel bukan sebuah perlawanan tanpa alasan, tapi demi sebuah tanah air yang menjadi hak mereka.

Berkali-kali dia menjadi sosok yang mengawali sengketa perbatasan, gerakan pembebasan, hingga upaya mencapai perjanjian damai. 

Awal perjuangannya dimulai saat dia masih remaja, Arafat yang berada di Kairo mulai menyelundupkan senjata ke Palestina. Ini digunakan melawan orang-orang Yahudi dan Inggris, yang mengambil peran administratif di tanah Palestina. 

Diplomasi damai Arafat selalu ditunjukkan dengan menandatangani berbagai perjanjian damai, seperti pakta dengan Israel pada 1991, di Konferensi Madrid, dan bersama dengan para pemimpin Israel melakukan beberapa upaya untuk perdamaian abadi segera setelah itu, terutama melalui Kesepakatan Oslo (1993) dan KTT Camp David 2000.

Pemimpin Palestina, Yasser Arafat, memegang tangan anggota delegasi dari Yerusalem dalam perayaan ulang tahunnya di markasnya di Ramallah, Tepi Barat, wilayah Palestina yang berada di bawah pendudukan Israel, Kamis, 5 Agustus 2004. Arafat merayakan ulang tahunnya yang ke-75 pada 4 Agustus 2004. Di sebelah kanan, terlihat Hana Attalla, pendeta Ortodoks Yunani dari Yerusalem. Sedangkan yang lainnya tidak teridentifikasi. (Sumber: AP Photo/Nasser Shiyoukhi)

Melalui Perjanjian Oslo, Arafat dan PM Israel kala itu, Yitzhak Rabin, serta Shimon Peres dari Israel membentuk kesepakatan perdamaian bersama, tapi syarat yang ditetapkan tidak pernah diterapkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x