Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS Bantah Kabar Ditawari Kursi Menteri agar Batalkan Rencana Koalisi dengan NasDem di Pilpres 2024

Kompas.tv - 14 November 2022, 16:44 WIB
pks-bantah-kabar-ditawari-kursi-menteri-agar-batalkan-rencana-koalisi-dengan-nasdem-di-pilpres-2024
Juru bicara (jubir) DPP PKS Muhammad Kholid, Senin (14/11/2022), membantah adanya tawaran kursi menteri kepada pihaknya agar membatalkan rencana koalisi dengan NasDem dan Partai Demokrat di Pilpres 2024 mendatang.  (Sumber: Dokumen pribadi)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara (jubir) DPP PKS Muhammad Kholid membantah adanya tawaran kursi menteri kepada pihaknya agar membatalkan rencana koalisi dengan NasDem dan Partai Demokrat di Pilpres 2024 mendatang. 

Baca Juga: Projo Mulai Cek Koalisi Pendukung, Pengamat: Safari Relawan Tak Mungkin Ke NasDem, Demokrat, PKS

Diketahui, rencana deklarasi koalisi NasDem, Demokrat dan PKS batal digelar pada 10 November 2022 lalu lantaran belum adanya kesepakatan yang terbentuk antara ketiga partai politik (parpol) tersebut.  

"Sejauh pengetahuan saya tidak ada (penawaran kursi menteri ke PKS). Kalau pun ada, pasti akan ditolak karena keputusan Musyawarah Majelis Syuro (MMS) tidak berubah," kata Kholid kepada Kompas TV, Senin (14/11/2022).

Menurut dia, isu ini sengaja digulirkan sejumlah pihak agar koalisi nanti urung terbentuk.

Namun, PKS menegaskan tak akan menerima penawaran masuk Kabinet Indonesia Maju, karena keputusan MMS menyatakan kalau PKS konsisten berada di luar pemerintahan hingga 2024 nanti.


"Isu ini sudah lama beredar dan kami sudah tegaskan bahwa keputusan MMS tegas menyatakan bahwa PKS tetap menjadi partai di luar pemerintahan hingga 2024. Keputusan itu mengikat semua anggota, pengurus dan pimpinan PKS." 

"Jadi kalau PKS masuk kabinet, tentu harus ada perubahan keputusan MMS," ujarnya. 

Kholid menjelaskan, hingga saat ini pembahasan rencana koalisi dengan NasDem dan Demokrat masih dibahas dengan masing-masing kader parpol yang tergabung dalam tim kecil. 

Baca Juga: Nasdem, Demokrat, PKS Belum Deklarasi Koalisi, Ini Alasan Surya Paloh

"Masih dibahas di tim kecil. Belum (ada kesepakatan waktu deklarasi), nanti kami pasti akan kabarkan kalau sudah ada hasil kesepakatan," katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x