Kompas TV regional berita daerah

Hasil Panen Padi Aceh Besar Berkurang Akibat Musim Hujan

Senin, 14 November 2022 | 14:15 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Petani di kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar mengeluh karena hasil panen tahun ini berkurang dari tahun sebelumnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan panen padi di Aceh Besar terlambat selama dua tahun terakhir ini sehingga faktor cuaca sangat mempengaruhi jumlah dan kualitas padi yang akan dipanen.

Menurut petani, panen raya padi di kawasan Aceh Besar terutama di dua kecamatan yaitu Blangbintang dan Ingin Jaya tidak serentak. Pasalnya karena saat musim tanam beberapa bulan lalu mereka terkendala air untuk mengairi sawah sehingga jadwal penanaman bibit padi terlambat. Hal ini berpengaruh pada saat musim panen tiba, dimana mereka harus panen disaat kondisi curah hujan yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan hasil panen mereka berkurang.

Curah hujan yang tinggi membuat kadar air dalam sawah bertambah dan menyebabkan padi yang siap panen terjatuh serta membuat kualitas padi juga memburuk. Sementara itu hama walang sangit saat musim hujan ini juga sangat mempengaruhi hasil panen padi.

Saiful Latif salah satu petani di Aceh Besar terpaksa harus memotong padi lebih awal agar tidak terganggu hama walang sangit serta padinya rusak akibat kadar air di sawah yang berlebih akibat hujan. Menurutnya sejak dua tahun terakhir, hasil panen padi mereka berkurang, sekitar 500 kilogram dari jumlah biasanya yang bisa mencapai 2 ton lebih pada sawah yang berukuran 2,5 hektare.

Sementara itu masih banyak petani di Aceh Besar lainnya yang belum siap panen, padahal bulan ini sudah masuk jadwal musim tanam, sehingga siklus penanaman padi terus berubah dan mempengaruhi jadwal panen padi yang tidak sesuai target.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x