Kompas TV nasional update

Intip Suvenir Resmi KTT G20, Ada Kerajinan Tangan hingga Kosmetik

Kompas.tv - 14 November 2022, 07:11 WIB
intip-suvenir-resmi-ktt-g20-ada-kerajinan-tangan-hingga-kosmetik
Perajin menyelesaikan pembuatan kerajinan wayang untuk suvenir resmi KTT G20 Bali di Suryo Art Galeri, Kampung Purbayan, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah. (Sumber: Indonesia.go.id)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

BADUNG, KOMPAS.TV - Puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 segera diadakan di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022. 

Sejumlah kepala negara, kepala pemerintahan, dan pimpinan organisasi dunia dijadwalkan hadir di perhelatan tahunan tersebut. 

Sebagai tuan rumah sekaligus Presidensi G20 2022, Indonesia telah menyiapkan suvenir resmi buatan 20 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk seluruh peserta, yang diperkirakan berjumlah sekitar 20.000 orang.

Melansir dari situs resmi G20, setidaknya ada 1.204 UMKM dari seluruh Indonesia yang mendaftar untuk mengikuti seleksi ketat pemasok suvenir KTT G20.

Setelah melalui berbagai rangkaian seleksi, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM bersama Smesco Indonesia akhirnya meloloskan 20 UMKM yang bertanggung jawab membuat suvenir resmi KTT G20.

Suvenir resmi yang terpilih terdiri dari delapan produk fesyen dan aksesori serta dua produk tas dan perlengkapan alat tulis. Kemudian, ada lima produk kosmetik, herbal, dan kesehatan. Lalu ada empat produk kerajinan tangan dan satu produk pembuatan kemasan.

Baca Juga: Jelang KTT G20 di Bali, 14 Kapal Perang TNI AL Dikerahkan

Cinderamata yang akan dibawa pulang para delegasi G20 bervariasi, yaitu:

Produk Perhiasan

Produk perhiasan berbahan mutiara dan perak disiapkan oleh UMKM dari berbagai daerah.

UMKM asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni Pandora Mutiara, membuat aneka desain dan produk dengan perhiasan mutiara seperti gelang, cincin, dan sebagainya.

Selanjutnya, ada UMKM asal Daerah Istimewa Yogyakarta bernama Borobudur Silver yang memproduksi perhiasan dan kerajinan dari perak. 

Maharani Craft, UMKM dari Bali, juga akan menghadirkan produk-produk seperti gelang, kalung, dan sebagainya.


Fesyen

UMKM bernama Kallestory Eyewear membuat frame kacamata dari bahan-bahan seperti tanduk kerbau dan domba.

UMKM asal Bali, Lima Menara Sejahtera, akan membawa merek EthneeQ, berupa kain endek, seperti Garjita dan Akusara, ke Nusa Dua. 

Kemudian ada dua UMKM asal Jawa Barat (Jabar) yang membuat produk fesyen, yakni Imagenation dan Pala Nusantara. 

Imagenation membuat tas dari bahan ramah lingkungan, sedangkan Pala Nusantara memproduksi jam tangan berbahan kayu.



Sumber : Kompas TV/Indonesia.go.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x