Kompas TV internasional kompas dunia

Kecelakaan Mengerikan Terekam Kamera, Pesawat Bertabrakan hingga Terbelah Dua di Udara

Senin, 14 November 2022 | 01:05 WIB
kecelakaan-mengerikan-terekam-kamera-pesawat-bertabrakan-hingga-terbelah-dua-di-udara
Detik-detik kecelakaan pesawat militer bersejarah ketika bermanuver di sebuah pameran di Dallas, Amerika Serikat (AS), Sabtu (12/11/2022). (Sumber: Tangkapan layar Twitter)

DALLAS, KOMPAS.TV - Dua pesawat militer bersejarah terlibat kecalakaan ketika bermanuver di sebuah pameran udara di Dallas, Amerika Serikat (AS), Sabtu (12/11/2022). Momen detik-detik kecelakaan pesawat yang bertabrakan di udara ini sempat terekam kamera dan viral di media sosial.

Melansir Associated Press, Minggu (13/11), dua pesawat itu adalah pesawat pengebom tua B-17 Flying Fortress dan pesawat tempur P-63 Kingcobra. Per Minggu (13/11), kasus kecelakaan ini tengah diselidiki Badan Keamanan Transportasi Nasional AS.

Hingga berita ini diturunkan, belum jelas berapa korban tewas dalam insiden ini. Presiden perusahaan yang menyelengarakan pameran pesawat militer tua ini, Hank Coates menyebut B-17 Flying Fortress umumnya memuat kru 4-5 orang, sedangkan P-63 Kingcobra diterbangkan oleh satu pilot.

Coates menambahkan, tidak ada pengunjung yang menjadi korban kecelakaan. Pesawat yang dikutsertakan dalam pertunjukan diterbangkan oleh relawan terlatih, umumnya pilot-pilot yang telah pensiun.

Baca Juga: Detik-detik Pesawat Jatuh dan Meledak Saat Pertunjukan Udara di Dallas AS

Anthony Montoya, salah satu saksi mata kejadian, mengaku terkejut saat melihat dua pesawat itu bertabrakan di udara. Tabrakan pun menyebabkan badan pesawat pengebom B-17 terbelah dua.

"Saya hanya bisa berdiri di sini. Saya benar-benar syok dan merasa tidak percaya," kata Montoya.

"Semua orang terhenyak. Semua orang menangis. Semua orang terkejut," lanjutnya.

Video yang merekam detik-detik kejadian menampilkan bahawa pesawat Kingcobra melaju ke arah jalur terbang B-17. Pesawat kecil ini pun menabrak pesawat pengebom itu di dekat bagian ekor.

Dua pesawat ini kemudian jatuh dan meledak, menimbulkan bola api dan kolom asap hitam pekat ke udara. Puing-puing dua pesawat itu pun terlihat berjatuhan.

B-17 sendiri merupakan salah satu andalan AS selama Perang Dunia Kedua, sebuah pesawat pengebom bermesin-empat yang digunakan membombardir Jerman. Sedangkan Kingcobra, walauapun dibuat oleh AS, umumnya digunakan pasukan Soviet selama perang.

Baca Juga: Kecelakaan Pesawat Tabrak Rumah Warga di AS, Semua Penumpang Tewas


Sumber : Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Bali Percepat Penggunaan Kendaraan Listrik

Selasa, 31 Januari 2023 | 13:46 WIB
Close Ads x