Kompas TV internasional kompas dunia

China Intimidasi Taiwan Lagi! Terbangkan 36 Jet Tempur dan Pengebom di Dekat Pulau

Senin, 14 November 2022 | 03:05 WIB
china-intimidasi-taiwan-lagi-terbangkan-36-jet-tempur-dan-pengebom-di-dekat-pulau
Ilustrasi. Pilot jet tempur dari Komando Palagan Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China ketika berpartisipasi dalam latihan militer gabungan di sekitar Taiwan, Minggu (7/8/2022). Taiwan melaporkan bahwa militer China kembali melakukan intimidasi dengan menerbangkan 36 jet tempur dan pesawat pengebom ke dekat negara-kepulauan itu. (Sumber: Wang Xinchao/Xinhua via AP)

TAIPEI, KOMPAS.TV - Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan  militer China kembali melakukan intimidasi dengan menerbangkan 36 jet tempur dan pesawat pengebom ke dekat negara-kepulauan itu, Sabtu (13/11/2022). Beijing sendiri kerap melakukan intimidasi ke Taiwan yang diklaim sebagai bagian dari wilayahnya.

Melansir Associated Press, otoritas Taiwan menyebut 10 di antara armada pesawat tempur itu melintasi garis median di Selat Taiwan yang memisahkan kedua negara. Kesepuluh pesawat itu adalah enam jet Shenyang J-11 dan empat J-16.

Baca Juga: Presiden Tsai Ing-Wen Kobarkan Penolakan Terhadap China: Taiwan Milik Rakyat

Di area lain, militer Taiwan juga melaporkan penampakan empat jet tempur Chengdu J-10, sebuah pesawat antikapal selam Y-8, tiga pesawat pengebom H-6, dan tiga drone China di barat laut Taiwan.

Setahun belakangan, pemerintahan Xi Jinping meningkatkan upaya intimidasi terhadap Taiwan. Beijing berulangkali mengirimkan pesawat tempur ke dekat wilayah udara negara itu dan menembakkan rudal ke perairan.

Taiwan dan China sendiri berpisah secara de facto pada 1949 usai perang sipil. Beijing mengeklaim Taiwan secara sah adalah salah satu provinsinya dan harus direunifikasi, bahkan jika harus secara paksa.

Baca Juga: Sekjen PBB Sebut ASEAN sebagai Jembatan Kerenggangan Amerika Serikat dan China


Sumber : Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x