Kompas TV nasional update

Tiga dari Empat Anggota Satu Keluarga Tewas di Kalideres sudah Lansia, Ini Fakta Lainnya!

Kompas.tv - 13 November 2022, 13:45 WIB
tiga-dari-empat-anggota-satu-keluarga-tewas-di-kalideres-sudah-lansia-ini-fakta-lainnya
Satu keluarga ditemukan tewas di Perumahan Citra Garden 1 Extension, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (10/11/2022) malam. (Sumber: Tribun Jakarta)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Empat orang ditemukan tewas di sebuah rumah di komplek Citra Garden Extension Blok AC5 Nomor 7, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis (10/11/2022).

Empat jenazah itu langsung dibawa ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur pada Kamis malam untuk diautopsi. Hingga saat ini, Minggu (13/11/2022) empat jenazah tersebut masih berada di ruang jenazah.

Berikut ini fakta tentang penemuan empat jenazah tersebut:

1. Jenazah dalam keadaan mengering

Ketua RT setempat, Asiung mendapati empat jenazah satu keluarga tersebut telah mengering dan berbau tajam setelah mendobrak pintu rumah tempat kejadian perkara (TKP) Kamis 10 November 2022.

Dilansir dari Kompas.com, tetangga korban, Tio melaporkan bau tajam yang berasal dari TKP kepada Asiung karena tak tahan dengan bau menyengat tersebut yang masuk hingga kamar rumahnya.

Sebelumnya, Tio juga mengaku mencium bau yang sama pada bulan Februari hingga Maret 2022, namun saat itu ia menduga ada bangkai hewan di sekitar rumahnya. Namun, lama-kelamaan bau tersebut hilang.

Dokter forensik memperkirakan waktu kematian empat orang tersebut berbeda-beda. Tingkat proses pembusukan mayat pun dikatakan berbeda.

Baca Juga: Empat Jenazah Keluarga yang Tewas di Kalideres Masih di RS Polri hingga Minggu Siang

2. Tim dokter forensik autopsi jenazah, periksa lambung dan hati

Jurnalis Kompas TV, Gratia Adur pada Minggu (13/11/2022) siang melaporkan, tim dokter forensik di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur telah selesai melakukan autopsi terhadap keempat jenazah.

Dokter telah memeriksa organ dalam empat jenazah, termasuk lambung dan hati, untuk mengungkap penyebab kematian satu keluarga tersebut.

Tim dokter forensik mengungkapkan bahwa lambung jenazah kosong, tak berisi makanan. 

Namun, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kalideres AKP Syafri Wasdar menyebutkan, kondisi lambung kosong tidak dapat diartikan bahwa mereka tewas akibat kelaparan. 

"Terkait tidak ditemukan sisa atau bekas makanan (di organ dalam keempat korban), itu keterangan sementara. Belum tentu menjadi penyebab kematian," kata Syafri di Mapolsek Kalideres, Sabtu (12/11). 

Menurut dokter forensik, jasad sudah berusia lebih dari beberapa hari saat ditemukan. Bahkan, hitungan pekan. 

Biasanya, untuk jasad yang sudah lama seperti ini, kondisi organ dalam kosong itu merupakan hal yang wajar.


 

3. Tiga dari empat jenazah merupakan lansia

Tiga dari empat korban masuk kategori lansia. Melansir dari Kompas.com, empat korban tersebut teridentifikasi sebagai pria berinisial RY berusia 71 tahun, lalu istrinya yang berinisial MG berusia 68 tahun. 

Kemudian ada BG yang merupakan ipar RY berusia 69 tahun, serta anak perempuan dari RY dan MG, DF yang berusia 42 tahun.

Berdasarkan informasi tersebut RY, MG, dan BG termasuk kategori lanjut usia (lansia). 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x