Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Tsai Ing-Wen Kobarkan Penolakan Terhadap China: Taiwan Milik Rakyat

Kompas.tv - 13 November 2022, 13:33 WIB
presiden-tsai-ing-wen-kobarkan-penolakan-terhadap-china-taiwan-milik-rakyat
Foto Arsip. Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen. Sang presiden baru-baru ini mengobarkan semangat penolakan terhadap China dalam pidatonya. (Sumber: AP Photo/Chiang Ying-ying, File)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

TAIPEI, KOMPAS.TV - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengobarkan semangat penolakan terhadap China dalam pidatonya.

Dalam pidato jelang pemilihan umum Taiwan, Sabtu (12/11/2022), Tsai menegaskan misi hidupya adalah memastikan Taiwan milik rakyatnya.

Juga menegaskan bahwa keberadaan Taiwan bukanlah provokasi terhadap siapa pun.

Baca Juga: Langsung Panas, Taiwan Tolak Reunifikasi yang Disampaikan Presiden China Xi Jinping

Seperti diketahui, Taiwan akan mengadakan pemilu pada 26 November mendatang, di tengah usaha China untuk melakukan reunifikasi dengan pemerintah pulau tersebut.

Meski kebanyakan dalam pemilu mendatang yang ditampilkan adalah permasalahan domestik, tetapi Tsai mengatakan kepada ribuan pendukungnya di Taipei ada lebih banyak lagi yang dipetaruhkan.


 

Tsai mengungkapkan ia tak akan menyerah dengan proposal “satu negara, dua sistem” yang diajukan oleh Presiden China Xi Jinping, untuk otonomi Taiwan di bawah kedaulatan China.

“Saya ingin memberitahu semua orang mengenai eksistensi Taiwan dan rakyat Taiwan, yang mendesak ada kebebasan dan demorasi bukanlah provokasi kepada siapa pun,” ujarnya dikutip dari ABC News.

“Sebagai presiden, panggilan saya adalah membuat usaha untuk membiarkan Taiwan menjadi Taiwan bagi rakyat Taiwan,” tambahnya.

Baca Juga: Misi PM Inggris Rishi Sunak di G20, Bakal Salahkan Rusia atas Masalah Ekonomi Dunia

China sebelumnya melakukan latihan militer di dekat Taiwan pada Agustus setelah Ketua DPR Amerika Serikat (AS) mengunjungi pemerintahan di kepulauan tersebut.

Sejak itu, jet tempur China kerap melintasi jalur meridian sensitif yang dekat dengan Selat Taiwan.

Presiden AS Joe Biden sendiri akan membahas mengenai Taiwan saat bertemu dengan Xi Jinping di Bali pada KTT G20 pekan depan.



Sumber : ABC News

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.