Kompas TV internasional kompas dunia

Resmi! Putin Tak akan Hadir di KTT G20 di Bali, Alasannya Harus Tinggal di Rusia

Kompas.tv - 12 November 2022, 10:25 WIB
resmi-putin-tak-akan-hadir-di-ktt-g20-di-bali-alasannya-harus-tinggal-di-rusia
Indonesia memberi tanggapan atas dipastikannya Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri KTT G20 di Bali minggu depan, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang memimpin secara teknis seluruh persiapan KTT G20 hari Kamis mengatakan ketidak hadiran Putin mungkin untuk menghindari kemungkinan konfrontasi dengan Amerika Serikat dan sekutunya terkait perangnya di Ukraina. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

MOSKOW, KOMPAS.TV - Juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov mengkonfirmasi Presiden Vladimir Putin tak akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November mendatang.

"Keputusan kepala negara ini terkait dengan jadwalnya, kebutuhan untuk tinggal di Rusia," kata Peskov, dikutip Andalou Agency, Jumat (11/11/2022).

Selain tak menghadiri KTT G20, Putin juga tak datang ke KTT forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik 2022. Ia bahkan disebut enggan untuk sekadar menyampaikan pidato secara daring.

Baca Juga: Rusia Tarik Pasukan, Kherson Dikhawatirkan Jadi Kota Kematian

Dalam kesempatan terpisah, Peskov mengumumkan delegasi Rusia untuk KTT G20 di Bali diwakili Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.

"Diputuskan bahwa Rusia akan diwakili oleh Sergey Lavrov di KTT G20," kata Peskov, Kamis (10/11) menukil Kantor Berita Rusia TASS.

Atas ketidakhadiran Putin, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy diperkirakan akan mengikuti KTT G20 secara virtual. Sebab, permintaan Zelenskyy untuk berbicara dalam pertemuan ASEAN ditolak, demikian CNA melaporkan, Sabtu (12/10).

Baca Juga: KTT G20 di Bali 15-16 Nov 2022: Sejarah, Negara Anggota, Peserta & Cara Kerja

Sebelumnya diwartakan oleh KOMPAS.TV, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah berkomunikasi dengan Putin dan Zelenskyy sejak awal November 2022. Masing-masing disebut belum bisa memastikan berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali.

Kehadiran kedua pemimpin negara berkonflik itu mempertimbangkan perkembangan situasi dalam negeri masing-masing. 


 



Sumber : Kompas TV/AA/TASS/CNA


BERITA LAINNYA



Close Ads x