Kompas TV nasional gaya hidup

12 Ucapan Selamat Hari Ayah Nasional yang Diperingati setiap 12 November

Sabtu, 12 November 2022 | 07:43 WIB
12-ucapan-selamat-hari-ayah-nasional-yang-diperingati-setiap-12-november
Ilustrasi. Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Berikut 12 ucapan selamat Hari Ayah Nasional yang dapat dijadikan inspirasi. (Sumber: Freepik)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – 12 November yang jatuh pada hari ini diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Hari Ayah Nasional berbeda dengan Hari Ayah Sedunia yang diperingati setiap minggu ketiga bulan Juni.

Kendati demikian, keduanya memiliki esensi dan makna yang sama, yakni apresiasi dan penghormatan pada sosok ayah.

Sejarah Hari Ayah Nasional

Dilansir laman Kompas.com, peringatan Hari Ayah di Indonesia diprakarsai oleh paguyuban lintas agama dan budaya bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Berawal dari PPIP yang merayakan Hari Ibu di Solo, Jawa Tengah dengan mengadakan lomba menulis surat untuk ibu pada 22 Desember 2004.

Kemudian pada akhir acara, mayoritas peserta bertanya terkait penyelenggaraan lomba serupa untuk ayah. Namun, saat itu belum ada agenda nasional untuk memperingati Hari Ayah.

Padahal, ayah sebagai bagian dari keluarga juga memegang peranan penting dalam membentuk karakter keluarga.

PPIP pun melakukan audiensi kepada DPRD Surakarta untuk menyusun agenda peringatan Hari Ayah di Indonesia.

Selesai audiensi, tepatnya pada 12 November 2006, PPIP menggelar deklarasi di Pendapi Gede Balai Kota Solo dengan dihadiri ratusan orang dari berbagai kalangan. Melalui jaringan PPIP, deklarasi serupa juga diselenggarakan di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur.


Baca Juga: Hari Ayah Sedunia, 5 Rekomendasi Film untuk Ditonton Bersama Ayah, Mumpung Libur

Ketua PPIP Gress Raja saat itu menuturkan, Hari Ibu merupakan hari untuk mengenang jasa ibu. Sementara Hari Ayah Nasional, bertujuan menghargai sosok bapak atau orang tua secara keseluruhan.

"Bapak dan ibu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kita butuh keduanya sebagai keseimbangan kesadaran kita sebagai anak," tuturnya kala itu.

Cara sederhana untuk merayakan Hari Ayah Nasional 12 November adalah dengan memberikan ucapan selamat kepada ayah. Berikut beberapa ucapan Selamat Hari Ayah Nasional yang bisa digunakan:

  1. "Dad. You have given me the best things in life, your time, your care, and your love. I am truly grateful to have you in my life. Happy Father's Day!"  (Ayah, Ayah telah memberiku hal-hal terbaik dalam hidup, waktu Ayah, perawatan Ayah, dan cinta Ayah. Aku benar-benar bersyukur memiliki Ayah sepertimu dalam hidupku. Selamat Hari Ayah!)
  2. "Thanks for acting like a kid when I was a kid, acting like a friend when I needed a friend, and acting like a parent when I needed one. You are the best man I know. Happy Father's Day!" (Terima kasih telah mendidikku ketika aku masih kecil, bertingkah seperti sahabat ketika aku membutuhkan sahabat, dan bertindak seperti orang tua ketika aku membutuhkanmu. Ayah adalah pria terbaik yang aku tahu. Selamat Hari Ayah!)
  3. "Dad. Although time and distance may separate us, your guidance, advice, and love has stuck with me through it all. I would not be who I am today without you. Enjoy your special day." (Ayah. Meskipun waktu dan jarak dapat memisahkan kita, bimbingan, nasihat, dan cinta Ayah tetap melekat pada ku melalui semuanya. Aku tidak akan menjadi diriku yang sekarang tanpamu. Selamat merayakan hari kebesaran Ayah).
  4. "The older I get the more I realize how important it is to have a dad like you. You have provided stability in my life and the love and acceptance I needed. Happy Father's Day!" (Semakin dewasa aku semakin menyadari betapa pentingnya memiliki orangtua seperti Ayah. Ayah telah memberikan pendidikan dalam hidupku dan cinta serta menerima semua kekuranganku. Selamat Hari Ayah!).
  5. "Happy Father's Day to my hero and role model. Thank you for everything you have done for our family. We love you with all our hearts." (Selamat Hari Ayah untuk pahlawan dan panutanku. Terima kasih atas semua yang telah Ayah lakukan untuk keluarga. Kami mencintaimu dengan sepenuh hati). 
  6. "Happy Father’s Day to the man who taught me how to step and throw, how to field a grounder, how to follow through and pretty much every other important thing I know about baseball and living!"  (Selamat Hari Ayah untuk orang yang mengajariku cara melangkah dan menapaki, serta mengajarkanku cara melanjutkan hidup, hampir setiap hal penting lainnya kuketahui darimu!).
  7. "Happy Father’s Day to the man who put the fear into all my homecoming and prom dates…and who still treats me like a princess!" (Selamat Hari Ayah untuk orang yang selalu mengkhawatirkan aku ketika aku pergi, walaupun begitu kau masih saja memperlakukanku seperti putri!).
  8. "You taught me so many of the important things I know—including a few choice words for certain situations." (Kamu mengajariku begitu banyak hal penting yang aku tahu termasuk beberapa keputusan dan pilihan untuk situasi tertentu).
  9. "Thank you for being there every day with just the love and guidance I’ve needed." (Terima kasih sudah ada di sampingku setiap hari dengan cinta dan bimbingan yang aku butuhkan). 
  10. "You’re my one and only dad, and I’ll always have a special place in my heart for you." (Kau adalah ayah satu-satunya, dan aku akan selalu punya tempat spesial di hatiku untukmu). 
  11. "I’m so proud to be your son/daughter. Happy Father's day." (Saya sangat bangga menjadi anakmu, Selamat hari Ayah).
  12. "Happy Father's day, to the best man in the world!" (Selamat Hari Ayah, untuk laki-laki terbaik di dunia!).


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Sail Teluk Cenderawasih Upaya Tingkatkan Investasi

Sabtu, 4 Februari 2023 | 23:39 WIB
Close Ads x