Kompas TV nasional peristiwa

Ribuan Pelari Songsong Borobudur Marathon 2022, Hidupkan Wisata Olahraga di Magelang

Kompas.tv - 12 November 2022, 02:05 WIB
ribuan-pelari-songsong-borobudur-marathon-2022-hidupkan-wisata-olahraga-di-magelang
Keterangan foto: (Ki-ka): Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, dan Brand Ambassador Borobudur Marathon 2022 Kelly Tandiono pada konferensi pers di Magelang, Jumat (11/11/2022). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Vyara Lestari

MAGELANG, KOMPAS.TV – Ribuan pelari akan memeriahkan Borobudur Marathon 2022. Selain menjadi ajang olahraga yang bergengsi, lomba lari ini diharapkan juga akan mampu menjadi lokomotif yang menggerakkan laju pariwisata, ekonomi lokal, serta pertukaran budaya. 

Digelar pada 12-13 November 2022 di Magelang, Jawa Tengah, ribuan pelari itu akan berlaga dalam lomba lari yang dibagi dalam tiga kategori. 

Sebanyak 37 pelari elite akan berlaga dalam Borobudur  Marathon Elite Race, sementara 30 pelari akan berkompetisi dalam lomba lari Bank Jateng Young Talent, dan 4.552 pelari akan berlomba di kategori Bank Jateng Tilik Candi.

Borobudur Marathon Elite Race dengan jarak lari 42,195 kilometer hanya akan diikuti pelari elite nasional yang lolos seleksi. Tahun ini, sebanyak 37 atlet nasional yang terdiri atas 26 atlet putra dan 11 atlet putri berpartisipasi dalam ajang ini.

Baca Juga: Lari di Makassar Pemanasan Borobudur Marathon 2022, Ganjar Dapat Banyak Keluhan dari Peserta

Bank Jateng Young Talent yang merupakan kompetisi lari dengan jarak 10 kilometer menjadi wadah bagi talenta muda berusia 15–18 tahun untuk mengukur dan mengasah kemampuan mereka. Sejumlah 30 pelari muda akan berlaga pada ajang ini. Kategori Young Talent ini adalah kategori baru yang menjadi wadah penting untuk kaderisasi atlet lari jarak jauh. 

Sementara itu, Bank Jateng Tilik Candi dengan jarak 21,097 kilometer diikuti pelari umum dengan sistem ballot. Sebanyak 4.552 pelari ambil bagian dalam ajang ini.

“Ini ruang Anda semuanya untuk menunjukkan prestasi dan tentu saja, kita harapkan ini menjadi inspirasi untuk para atlet maupun calon-calon atlet agar bisa menjadi atlet yang baik,” Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan pesannya untuk para pelari.


 

Gerakkan ekonomi

Ribuan orang yang datang di Magelang dalam rangka Borobudur Marathon 2022 diyakini akan mampu membangkitkan wisata olahraga (sport tourism) di Magelang serta Jawa Tengah dan sekitarnya, seperti spirit awal digagasnya Borobudur Marathon. Tak sekadar untuk mengikuti atau menonton kompetisi lari, orang bisa datang untuk berwisata di Magelang dan menikmati budayanya. 

“Penyelenggaraan Borobudur Marathon ini menjadi salah satu event yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya, karena perekonomian masyarakat dapat terdongkrak melalui banyaknya peserta yang mengikuti ajang bergengsi ini,” ujar Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno. 

Supriyatno melanjutkan, ajang Borobudur Marathon akan meningkatkan okupansi hotel, guest house, dan jenis penginapan lain, yang akan menambah pendapatan bisnis mereka. Pada gelaran ini, ada pula bazar produk kuliner dan kriya Magelang dari para UMKM terkurasi, yang akan menggerakkan pula perekonomian.

Antusiasme yang sama ditunjukkan Ganjar Pranowo. “Di sini teman-teman tak sekadar ikut lari, tetapi juga kami ajak untuk berwisata, belanja produk UMKM, dan menonton pertunjukan seni. Komplet,” kata Ganjar.

Baca Juga: Ikut Borobudur Marathon 2021, Istri Ganjar Pranowo Finish Urutan Ke-13

Mengambil garis start dan finish di Taman Lumbini, kompetisi lari Borobudur Marathon 2022 menawarkan rute menantang di alam pedesaan sekitar Borobudur, yang akan memuaskan dan menghibur para peserta. Ini juga menjadi cara untuk mengenalkan para pelari lebih dekat dengan Borobudur dan sekitarnya. 

Selain dapat disaksikan secara langsung di Magelang, gelaran Borobudur Marathon juga bisa diikuti di Kompas TV. Borobudur Marathon Elite Race dan Bank Jateng Young Talent disiarkan langsung dari Kompas TV pada 12 November 2022 pukul 04.30–08.30 WIB. Sementara liputan Bank Jateng Tilik Candi akan dilaporkan Kompas TV pada 13 November 2022.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.