Kompas TV nasional peristiwa

Update G20 Bali! Luhut Sebut Kemungkinan Putin Bakal Hadir, tapi...

Kompas.tv - 11 November 2022, 15:48 WIB
update-g20-bali-luhut-sebut-kemungkinan-putin-bakal-hadir-tapi
Indonesia memberi tanggapan atas dipastikannya Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri KTT G20 di Bali minggu depan, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang memimpin secara teknis seluruh persiapan KTT G20 hari Kamis mengatakan ketidak hadiran Putin mungkin untuk menghindari kemungkinan konfrontasi dengan Amerika Serikat dan sekutunya terkait perangnya di Ukraina. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

BALI, KOMPAS.TV- Ketua Bidang Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan memberikan konfirmasi seputar kehadiran dua kepala negara, yakni Presiden Rusia dan Ukraina dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Bali.

Ia mengungkapkan kemungkinan Presiden Rusia Vladimir Putin atau perwakilannya menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 secara virtual.

“Mungkin zoom virtual, lihat saja ya,” ujar Luhut, Jumat (11/11/2022) seperti dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV Dipo Nurbahagia.

KTT G20 dijadwalkan berlangsung pada 15 sampai 16 November 2022. Indonesia mengangkat tiga isu prioritas dalam KTT G20, yaitu arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital.

Baca Juga: Putin dan Zelensky Tak Hadir di KTT G20, akan Fokus ke Pertumbuhan Perekonomian Dunia.

Sebelumnya, Luhut juga sudah mengungkapkan Putin tidak akan menghadiri KTT G20 secara langsung di Bali dan akan diwakili Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Kementerian Luar Negeri Rusia sempat menyatakan Sergei akan menghadiri langsung dan memimpin delegasi Rusia pada KTT G20 di Bali.


Sementara, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memastikan akan menghadiri KTT G20 di Bali "dalam format tertentu".

Sampai saat ini, belum dapat dipastikan apakah perwakilan Rusia akan hadir langsung di Bali atau tidak, menyusul kondisi konflik antara negara tersebut dengan Ukraina.

Baca Juga: Tidak Hadiri KTT G20 di Bali, Presiden Rusia Vladimir Putin Kirim Menlu Hadiri G20


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x