Kompas TV nasional peristiwa

Mendagri Tito Karnavian Pukul Tifa, Resmikan Tiga Daerah Otonomi Baru Papua

Kompas.tv - 11 November 2022, 11:37 WIB
mendagri-tito-karnavian-pukul-tifa-resmikan-tiga-daerah-otonomi-baru-papua
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian (kanan) meresmikan tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua, Jumat (11/11/2022) dengan pemukulan Tifa. (Sumber: Youtube Kemendagri RI/Nadia)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meresmikan tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua, Jumat (11/11/2022) dengan pemukulan tifa, alat musik tradisional Papua.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, pada hari ini Jumat tanggal 11 November 2022, bertempat di Jakarta, saya Muhammad Tito Karanvian Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini meresmikan, Provinsi Papua Selatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022," ucap Tito dipantau dari siaran Youtube Kemendagri RI, Jumat (11/11/2022).

"Semoga Tuhan YMK meridhai dan memberikan berkat kepada kita semua, amin," ujarnya yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Tito mengatakan bahwa tiga DOB Papua tersebut diresmikan pada hari yang baik karena waktu yang mudah diingat.

Baca Juga: Mendagri Resmi Lantik Tiga Penjabat Gubernur Daerah Otonomi Baru Papua, Simak Profilnya!

"Rupanya hari Jumat ini adalah hari baik, tanggal sebelas, bulan sebelas, tahun 2022, jadi mudah diingat lahirnya tiga provinsi baru," kata Tito disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin di Lapangan Plaza Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),  Jalan Merdeka Utara Nomor 7, Jakarta Pusat.


Ia mengaku, pihaknya baru bisa melaksanakan peresmian DOB Papua setelah ia selesai mengikuti kegiatan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali dan kembali ke Jakarta pada Kamis (10/11/2022).

Selepas membacakan peresmian DOB Papua itu, Tito lantas memukul tifa sebagai simbol diresmikannya tiga provinsi baru di Papua itu.

Baca Juga: Tito akan Resmikan 3 Daerah Otonomi Baru Papua, Siapa Saja PJ Gubernur yang Dilantik?

Sebagai informasi, untuk cakupan wilayah Provinsi Papua Selatan, ibu kota berkedudukan di Kabupaten Merauke. Wilayahnya meliputi Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Asmat.

Kemudian, Provinsi Papua Tengah dengan ibu kota berkedudukan di Kabupaten Nabire yang terdiri atas Kabupaten Nabire, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Deiyai.

Selanjutnya, Provinsi Papua Pegunungan memiliki ibu kota yang berkedudukan di Kabupaten Jaya Wijaya. 

Sedangkan Kabupaten di Papua Pegunungan terdiri dari Kabupaten Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Lanny Jaya, dan Kabupaten Nduga.

Baca Juga: DPR Sahkan 3 RUU DOB Papua Menjadi Undang-undang


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.