Kompas TV regional gaya hidup

Pentingnya Melatih Kemampuan Motorik Anak

Kompas.tv - 11 November 2022, 14:00 WIB
pentingnya-melatih-kemampuan-motorik-anak
Pentingnya melatih motorik anak (Sumber: Freepik)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Redaksi Kompas TV

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan kemampuan motorik anak merupakan perkembangan yang berkaitan dengan gerak tubuh, koordinasi susunan syaraf, otak, dan otot. Kemampuan motorik ini memerlukan energi dan fisik yang kuat, sehingga kebutuhan gizi anak harus dipenuhi.

Selain itu, fungsi motorik anak juga patut dilatih agar mekanisme dan koordinasi tubuhnya menjadi terbiasa untuk bergerak. Akan tetapi, ada saat-saat anak sulit untuk mengikuti apa yang dimau orangtua, seperti mereka yang lebih suka menonton televisi atau bermain gawai.

Masalah inilah yang diangkat dalam siniar Dongeng Pilihan Orangtua bertajuk “Ayo Bergerak Eci” yang dapat diakses melalui dik.si/DopingAyoBergerak. Awalnya, Eci sangatlah malas bergerak, tetapi lambat laun Eci merasakan sendiri dampaknya, yaitu tubuh Eci menjadi segar dan dirinya senang.

Baca Juga: Inilah 7 Manfaat Bercerita bagi Perkembangan Anak

Adapun kemampuan motorik terbagi menjadi dua, yaitu motorik halus dan kasar. Kemampuan motorik halus melibatkan otot-otot kecil, seperti jemari tangan, yang berpengaruh besar terhadap pelbagai aktivitas anak, seperti menulis, menggambar, dan mengambil makanan atau minuman. 

Apabila kemampuan motorik halus ini tidak dilatih sejak dini, bukan tidak mungkin akan muncul gangguan yang dapat mengakibatkan anak mengalami gangguan belajar, seperti kesulitan menulis atau yang disebut sebagai disgrafia.

Sementara kemampuan motorik kasar terkait dengan pergerakan otot-otot besar, seperti lengan, kaki, dan tungkai. Kemampuan motorik kasar ini dapat membuat anak melakukan beragam kegiatan, seperti duduk, berjalan, merangkak, menjaga keseimbangan, dan menahan posisi kepala dan tubuhnya.

Itulah mengapa penting bagi orangtua untuk melatih kemampuan motorik anak, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan semestinya. Lantas, bagaimana melatih kemampuan motorik anak?

Olahraga

Selain menyebabkan tubuh menjadi segar dan pastinya sehat, terdapat manfaat lain, seperti membantu peningkatan fungsi kognitif anak. Orangtua cukup mengajarkan anak olahraga sederhana, seperti melempar dan menangkap bola dengan tangan. Karena pada dasarnya, olahraga dapat melatih fokus, pendengaran, interaksi, dan penglihatan anak.

Apabila dilakukan terus-menerus, tubuh anak akan dengan sendirinya beradaptasi, tumbuh, dan berkembang. Akan tetapi, bukan saja kemampuan motorik anak saja yang berkembang, melainkan kepercayaan dirinya dalam beraktivitas juga menjadi meningkat.

Menggambar dan Mewarnai



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.