Kompas TV nasional peristiwa

Mendagri Resmi Lantik Tiga Penjabat Gubernur Daerah Otonomi Baru Papua, Simak Profilnya!

Kompas.tv - 11 November 2022, 10:38 WIB
mendagri-resmi-lantik-tiga-penjabat-gubernur-daerah-otonomi-baru-papua-simak-profilnya
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik tiga Penjabat (Pj) Gubernur untuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua, Jumat (11/11/2022). (Sumber: Youtube Kemendagri RI/Nadia)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik tiga Penjabat (Pj) Gubernur untuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua di Lapangan Plaza Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),  Jalan Merdeka Utara Nomor 7, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

"Saya Menteri Dalam Negeri, atas nama Presiden Indonesia dengan resmi melantik Apolo Safanpo sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan, saudari Ribka Haluk sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah, dan saudara Nikolaus Kondomo sebagai Penjabat Gubernur Papua Pegunungan," ucap Tito, Jumat, dipantau dari kanal Youtube Kemendagri RI.

Tiga Pj Gubernur DOB Papua itu pun mengucap janji yang dibacakan oleh Mendagri.

"Saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan, sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah, sebagai Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya dan berintegritas serta berbakti kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Semoga Tuhan menolong saya," ucap Tito yang diikuti tiga PJ Gubernur itu.

Baca Juga: Tito akan Resmikan 3 Daerah Otonomi Baru Papua, Siapa Saja PJ Gubernur yang Dilantik?

Untuk diketahui, Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo saat ini menjabat sebagai staf ahli Mendagri Bidang Pemerintahan.

Sebelumnya ia menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua pada 2012 hingga 2017.

Laki-laki yang lahir pada 24 April 1975 di Agats, Asmat, Papua ini merupakan lulusan sarjana teknik sipil Universitas Negeri Surakarta (UNS) Solo.

Kemudian, ia meraih gelar master Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya serta gelar doktor Teknik Sipil dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.


Sementara Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk merupakan Staf Ahli Mendagri bidang Aparatur dan Pelayanan Publik. 

Sebelumnya, ia pernah menduduki sejumlah jabatan pemerintahan di antaranya Penjabat Bupati Kabupaten Yalimo Provinsi Papua pada 2021 dan Penjabat Bupati Kabupaten Mappi Provinsi Papua Selatan pada 2017.

Perempuan kelahiran 10 Januari 1971 itu lulus dari program sarjana Universitas Cenderawasih, kemudian mendapatkan gelar master Ilmu Administrasi dari Universitas Garut.

Ia lantas meraih gelar doktor Ilmu Manajemen dari Universitas Cenderawasih.

Baca Juga: Besok DPR akan Sahkan 3 RUU DOB Papua Menjadi Undang-undang

Di sisi lain, Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo saat ini merupakan Staf Ahi Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerja sama Internasional Kejaksaan Agung.

Sebelumnya, ia pernah menduduki sejumlah jabatan, di antaranya Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Papua pada 2019 dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah pada 2018.

Laki-laki kelahiran Merauke 13 Maret 1964 ini mendapat gelar Sarjana Hukum Pidana Universitas 17 Agustus 1945 Semarang dan gelar Master Hukum dari Universitas Cenderawasih.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x