Kompas TV nasional hukum

Pengacara: Ricky Rizal Anggap Ferdy Sambo Sosok yang Tegas namun Perhatian

Kompas.tv - 11 November 2022, 09:44 WIB
pengacara-ricky-rizal-anggap-ferdy-sambo-sosok-yang-tegas-namun-perhatian
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ricky Rizal, meminta maaf kepada orang tua dan keluarga Brigadir J, Rabu (2/11/2022). (Sumber: Tangkapan layar cuplikan KOMPAS TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengacara Ricky Rizal, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Yudha Ramon, mengungkapkan bahwa kliennya menganggap Ferdy Sambo sebagai sosok yang tegas namun perhatian.

"Di materi pembelaan dan juga melihat pemeriksaan yang terjadi terhadap Ricky Rizal, secara general (umum -red), Ricky Rizal melihat Sambo sebagai sosok yang tegas namun perhatian atau baik, itu terlihat di kehidupan mereka selama ini," kata Yudha dalam program Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Jumat (11/11/2022).

Ia menjelaskan, kliennya menolak permintaan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, Ferdy Sambo, untuk menembak Brigadir J karena menilai perintah itu melanggar hukum.

"Jadi tidak benar kalau tidak ada yang berani menolak perintah Sambo, Ricky Rizal pada hari itu menolak perintah Sambo, karena menurut dia itu melanggar hukum," ujarnya.

Yudha juga mengatakan bahwa setelah menolak permintaan Sambo untuk menembak Brigadir J, Ricky diperintahkan untuk memanggil Richard Eliezer atau Bharada E, terdakwa yang telah mengakui dirinya menembak Brigadir J.

"Dia panggil Richard, memanggil ajudan lain itu kan bukan tindak pidana, itu memang tugas ajudan sehari-hari," ujarnya.

Baca Juga: Pengacara Ricky Rizal Protes Pemeriksaan 10 Saksi Digabung di Sidang Pembunuhan Brigadir J, Ada Apa?

Di sisi lain, pengacara Bharada E, Ronny Talapessy, menyebut ada kedekatan emosional antara Ricky Rizal dan Sambo, sehingga ia berani menolak perintah atasannya itu.

“Setelah kami mempelajari berkas, dan ketika kami mendampingi, mengikuti proes penyidikan di kepolisian, sampai ke persidangan, ada fakta yang kami temukan terkait saksi Ricky Rizal, terkait kedekatan saksi Ricky Rizal dengan Saudara FS,” ungkapnya dalam Satu Meja The Forum yang ditayangkan KOMPAS TV, Rabu, 26 Oktober 2022.

Ronny mengatakan, Ricky merupakan ajudan Sambo sejak menjadi Kapolres di Brebes.


“Saudara Ricky Rizal ini sudah mengikuti dari sejak saudara FS menjadi Kapolres di Brebes. Jadi di sini kami melihat ada kedekatan emosional,” tegasnya.

Sedangkan, kata Ronny, dalam kelompok ajudan Sambo, Richard merupakan anggota yang paling junior dengan pangkat terendah.

“Perlu dipahami, bahwa dalam kelompok ini, Bharada E atau Richard Eliezer merupakan yang paling junior, yang baru bergabung,” terangnya.

Baca Juga: Berani Tolak Perintah Jenderal, Ricky Rizal Disebut Punya Kedekatan Emosional dengan Ferdy Sambo

Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV, lima terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J terdiri dari Ferdy Sambo, Bharada E, Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, dan Putri Candrawathi.

Lima orang itu didakwa Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 tentang pembunuhan berencana dengan hukuman maksimal pidana mati, penjara seumur hidup, atau penjara 20 tahun.

Baca Juga: Momen Hakim Uji Kejujuran Daden Ajudan Ferdy Sambo soal Jenis Pistol Milik Ricky Rizal

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.