Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

RI Siap Pamer Kereta Cepat, Jokowi-Xi Jinping akan Nonton Online 16 November

Kompas.tv - 11 November 2022, 05:47 WIB
ri-siap-pamer-kereta-cepat-jokowi-xi-jinping-akan-nonton-online-16-november
Indonesia tengah bersiap untuk memamerkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) kepada delegasi G20, khsusnya Presiden China Xi Jinping. PT Kereta Cepat China Indonesia (KCIC) sudah melakukan uji coba beroperasi di atas rel pada Rabu (9/11) lalu. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Indonesia tengah bersiap untuk memamerkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), khususnya kepada Presiden China Xi Jinping. PT Kereta Cepat China Indonesia (KCIC) sudah melakukan uji coba beroperasi di atas rel pada Rabu (9/11/2022) lalu. 

Kegiatan hot-running test pada sistem katenari (catenary system) itu ditandai dengan keberangkatan kereta rel listrik (electric multiple unit/EMU) buatan China secara perlahan dari Stasiun Tegalluar di Bandung.

Uji kelayakan ini bertujuan untuk memastikan bahwa peralatan catu daya kereta cepat telah memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk melakukan serangkaian uji coba gabungan nantinya. Ini kali pertama EMU yang tiba di Indonesia pada 1 September lalu, muncul di lintasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry menyatakan, KCJB semakin siap untuk tampil pada gelaran G20 Showcase pada 16 November 2022. 

Baca Juga: Biaya Kereta Cepat Bengkak Jadi Rp112 T, Butuh Tambahan Duit Negara kalau Mau Selesai 2023

“Semua persiapan berjalan dengan baik. Kami akan melakukan rangkaian pengujian secara simultan sejak 9 November untuk memantapkan persiapan menuju G20,” kata dia seperti dikutip dari Antara, Kamis (10/11).

Ia menjelaskan, setelah melalui proses panjang mulai dari pengiriman dari China, lalu pengiriman via darat dari Jakarta, seluruh EMU KCJB dan CIT sudah tersambung dan siap menjalani rangkaian pengujian. 

"EMU dan CIT KCJB saat ini sudah singgah di Depo Tegalluar dalam kondisi siap uji,” ujarnya. 

Di Tegalluar, instalasi sistem kelistrikan untuk stasiun dan depo pun sudah rampung. Begitu juga dengan instalasi Listrik Aliran Atas (LAA) yang akan digunakan untuk kebutuhan operasional KCJB pada G20 Showcase. 

Baca Juga: Rekor 10 Kereta Cepat Paling Kencang di Dunia, Cina Tak Kalah Jauh dari Jepang

“Kebutuhan listrik Alhamdulillah sudah ada baik di stasiun, depo ataupun di lintasan yang digunakan untuk uji dinamis nanti,” tambahnya. 

Di lintasan track laying activity dari Depo Tegalluar sampai DK 127+134 telah rampung untuk kedua arah. Lintasan inilah yang nanti digunakan untuk kebutuhan uji dinamis.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x