Kompas TV internasional kompas dunia

Indonesia Jadi Ketua ASEAN 2023, Siap Lanjutkan Isu Prioritas G20, Ada Transformasi Digital

Kompas.tv - 11 November 2022, 01:05 WIB
indonesia-jadi-ketua-asean-2023-siap-lanjutkan-isu-prioritas-g20-ada-transformasi-digital
Bendera ASEAN. Indonesia akan melanjutkan pembahasan tiga isu utama pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ketika Indonesia menjadi Ketua ASEAN yang akan efektif per 1 Januari 2023 mendatang, seperti dinyatakan juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, Kamis, (10/11/2022). (Sumber: eria.org)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia akan melanjutkan pembahasan tiga isu utama pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ketika Indonesia menjadi Ketua ASEAN yang akan efektif per 1 Januari 2023 mendatang, seperti dinyatakan juru bicara kementerian luar negeri Teuku Faizasyah, Kamis (10/11/2022). 

"Isu prioritas yang Indonesia angkat (untuk G20) akan ditindaklanjuti saat menjadi ketua ASEAN," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah kepada Tim Komunikasi dan Media G20, Kamis.

Faizasyah mengatakan, keberlanjutan pembahasan isu-isu G20 tersebut adalah untuk mendorong percepatan pemulihan global pascapandemi, yang sejalan dengan tema G20, yakni recover together, recover stronger, yang berarti pulih bersama, pulih lebih kuat.

Tiga isu utama yang diusung Indonesia sebagai presiden dalam KTT G20 2022 adalah transisi energi berkelanjutan, transformasi digital, dan arsitektur kesehatan global.

"Sebagai Ketua G20, tentu akan memanfaatkan capaian G20, termasuk isu prioritas Indonesia untuk ditindaklanjuti sebagai Ketua ASEAN," ujar Faizasyah.

Faizasyah menambahkan, pemerintah juga kemungkinan akan mengangkat beberapa isu lainnya dalam kepemimpinan Indonesia di ASEAN. Namun, ia tidak merinci lebih lanjut isu-isu tersebut.

"Tentu akan ada isu lain yang ditonjolkan (saat keketuaan ASEAN), tapi belum bisa diprediksi," katanya.

Indonesia terakhir kali memegang posisi Ketua ASEAN pada tahun 2011. Sepanjang chairmanship tersebut, Indonesia berhasil menggulirkan sejumlah inisiatif, antara lain Implementasi Cetak Biru Komunitas Politik-Keamanan ASEAN dan mendorong terbentuknya ASEAN Institute for Peace and Reconciliation (AIPR) dalam bidang manajemen resolusi konflik.

Baca Juga: Biden Bakal Safari ke Asia Tenggara Hadiri KTT ASEAN dan G20, Berpeluang Jumpa Putin dan Xi Jinping

Presiden Indonesia Joko Widodo yang akan jadi Ketua ASEAN 2023. Indonesia akan melanjutkan pembahasan tiga isu utama pada Konferensi Tingkat Tinggi KTT G20 ketika Indonesia menjadi Ketua ASEAN yang akan efektif per 1 Januari 2023 mendatang, seperti dinyatakan juru bicara kementerian luar negeri Teuku Faizasyah, Kamis, (10/11/2022). (Sumber: Screenshot Sekretariat Presiden)

Di bidang maritim, ASEAN juga berhasil menyepakati penguatan kerja sama melalui ASEAN Maritime Forum (AMF) guna penanganan kejahatan lintas negara secara komprehensif, termasuk kesepakatan tentang kawasan bebas senjata nuklir di kawasan ASEAN.

Terkait tindak lanjut isu G20 ke dalam Keketuaan Indonesia di ASEAN, pada awal Agustus lalu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menyinggung hal itu, dengan pertimbangan bahwa isu-isu tersebut relevan dengan kondisi saat ini.

"Itu adalah tema-tema yang sangat relevan dengan tantangan ekonomi saat ini dan suasana geopolitik serta perubahan tren global yang sedang terjadi," kata Sri Mulyani, dikutip dari situs Kementerian Keuangan.

Serah terima tampuk keketuaan ASEAN direncanakan berlangsung pada KTT ASEAN 10-13 November 2022 di Kamboja. Perdana Menteri Kamboja akan menyerahkan posisi ketua ASEAN itu kepada Presiden Joko Widodo, dan keketuaan Indonesia itu akan efektif mulai 1 Januari 2023 mendatang.

Merujuk laman Sekretariat Kabinet, selama kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada 2023, ASEAN memperkirakan lebih dari 300 pertemuan akan diselenggarakan di Indonesia, baik pertemuan terkait isu ekonomi, sosial budaya, maupun politik dan keamanan.

Indonesia juga akan memperkuat peran Jakarta sebagai diplomatic capital of Indo-Pasific atau ibu kota diplomatik Indo-Pasifik melalui keberadaan Sekretariat ASEAN.


 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.