Kompas TV regional peristiwa

Danrem di Papua Berharap Tokoh Papera Ramses Ohee Diangkat Jadi Pahlawan, Total Bela NKRI

Kompas.tv - 10 November 2022, 14:12 WIB
danrem-di-papua-berharap-tokoh-papera-ramses-ohee-diangkat-jadi-pahlawan-total-bela-nkri
Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring di makam Ramses Ohee (Sumber:istimewa -)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memperingati Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022, Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring yang kerap disapa Pak JO, melakukan kunjungan silaturahmi ke keluarga almarhum Ramses Ohee di Kampung Waena, Kota Jayapura, Papua, Kamis (10/11/22).

Dalam Kunjungan sekaligus melaksanakan ziarah ke makam Pejuang Pepera Ramses Ohee yang berada di halaman rumah besar Ondoafi Waena Ke-VII Richard Herman Morouw Ohe tersebut, JO menuturkan bahwa tujuannya kali ini ke makam almarhum Ramses Ohee sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa beliau di masa lalu bagi Papua.

Baca Juga: Berikut Teks Amanat Pembina Upacara di Hari Pahlawan 10 November

Dalam pandangan Danrem JO, sosok Ramses Ohee layak masuk daftar Pahlawan Papua. Dari semua syarat kategori Pahlawan Nasional, beliau merupakan Pahlawan yang berjuang dari sisi politik dalam kejadian Pepera. 

Sosoknya telah membantu proses bagi rakyat Papua untuk mengikuti rangkaian proses Demokrasi yaitu Pepera. 

Selain itu, lewat perjuangan yang dipimpin Ondoafi Ramses Ohee, hingga lahirnya 14 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua dari jalur pengangkatan Otonomi Khusus (Otsus) yang berasal dari Orang Asli Papua (OAP).

“Apa yang kita dapatkan saat ini tidak lepas dari perjuangannya sehingga beliau layak diusulkan sebagai seorang Pahlawan dari Tanah Papua,” katanya. 

“Selama hidupnya, Ramses Ohee secara total membela Negara Kesatuan Republik Indonesia di Bumi Cenderawasih. Bahkan sebagai kecintaannya terhadap NKRI, beliau mendirikan organisasi yang diberi nama Barisan Merah Putih (BMP) yang bermarkas di Kota Jayapura. Organisasi ini berperan aktif untuk memberikan dukungan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di Papua,” sambung JO.


Danrem juga menilai, sosok Ramses Ohee merupakan seorang pejuang yang patut diteladani karena selalu konsisten dalam perkataan dan perbuatannya sehari-hari selama hidupnya. Selama Hidupnya banyak memberi teladan yang baik bagi para generasi muda Papua untuk kesatuan bangsa Indonesia. 

“Beliau adalah orang tua saya, senior, teman saya berdiskusi dan juga guru saya. Beliau banyak memberikan pencerahan kepada saya dan teman-teman yang bertugas di Papua terkait dengan sejarah Papua dan kemudian semangat beliau yang saya lihat bagaimana menjaga persatuan dan kesatuan serta untuk membangun tanah Papua yang begitu besar,” kata Danrem.

Baca Juga: 20 Link Twibbon dan Ucapan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022

Danrem meminta dan mengajak pemuda Papua untuk berkaca pada perjuangan para pahlawan yang merebut kemerdekaan dengan susah payah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x