Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Rincian Mengejutkan Pesangon Karyawan Meta, Induk Facebook

Kompas.tv - 10 November 2022, 12:29 WIB
ini-rincian-mengejutkan-pesangon-karyawan-meta-induk-facebook
Meta Platforms, yang merupakan perusahaan induk Facebook, Instagram, dan WhatsApp, akan mmeberi pesangon sebesar 16 minggu atau 4 bulan gaji plus 2 minggu gaji untuk setiap tahun kerja usai melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 11.000 orang.   (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

MENLO PARK, KOMPAS.TV - Induk Facebook, Meta akan melakukan PHK terhadap 11.000 orang, sekitar 13 persen staf, dengan pesangon sebesar 16 minggu atau 4 bulan gaji plus 2 minggu gaji untuk setiap tahun kerja.

Hal itu dinyatakanCEO Mark Zuckerberg kepada karyawan Rabu, (9/11/2022) seperti laporan Associated Press, Kamis, (10/12/2022)

Asuransi kesehatan bagi karyawan dan keluarganya akan diteruskan selama enam bulan ke depan, tambah Zuckerberg.

Zuckerberg mengatakan kepada karyawan pada hari Rabu bahwa mereka akan menerima email pemberitahuan jika mereka termasuk di antara mereka yang dilepaskan atau di-PHK.

Akses ke sebagian besar sistem perusahaan akan terputus untuk orang-orang yang kehilangan pekerjaan, katanya, karena sifat sensitif dari informasi itu.

"Kami menjaga alamat email aktif sepanjang hari sehingga semua orang bisa mengucapkan selamat tinggal," kata Zuckerberg.

Zuckerberg mengatakan dia membuat keputusan untuk merekrut secara agresif, mengantisipasi pertumbuhan yang cepat bahkan setelah penguncian pandemi berakhir.

Sayangnya, ini tidak berjalan seperti yang saya harapkan, kata Zuckerberg dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Meta Induk Facebook PHK Massal 11 Ribu Karyawan, Dijanjikan 4 Bulan Gaji Sebagai Pesangon!


"Tidak hanya perdagangan online yang kembali ke tren sebelumnya, tetapi penurunan ekonomi makro, meningkatnya persaingan, dan hilangnya sinyal iklan menyebabkan pendapatan kita jauh lebih rendah daripada yang saya harapkan. Saya salah, dan saya bertanggung jawab untuk itu."

Selain PHK, pembekuan perekrutan di perusahaan akan diperpanjang hingga kuartal pertama 2023, kata Zuckerberg.

Perusahaan juga telah memangkas jejak real estatenya dan dia mengatakan dengan begitu banyak karyawan yang bekerja di luar kantor, perusahaan akan beralih ke pembagian meja bagi mereka yang tersisa.

Lebih banyak pemotongan biaya di Meta akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang, kata Zuckerberg.

Bahkan dengan pengurangan hari Rabu, Meta masih memiliki lebih dari 75.000 pekerja di seluruh dunia. Faktanya, perusahaan memiliki 71.970 pekerja pada akhir 2021, dan kurang dari 59.000 pada akhir 2020.

Pemutusan hubungan kerja terjadi hanya seminggu setelah PHK meluas di Twitter di bawah pemilik barunya, miliarder Elon Musk.

Ada banyak PHK di perusahaan teknologi lain yang dipekerjakan dengan cepat selama pandemi.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x