Kompas TV nasional politik

Pj Gubernur DKI Bikin Target, Pertumbuhan Pelanggan Angkutan Umum di 2023 Capai 51 Persen

Kompas.tv - 10 November 2022, 04:05 WIB
pj-gubernur-dki-bikin-target-pertumbuhan-pelanggan-angkutan-umum-di-2023-capai-51-persen
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seluruh perwakilan Fraksi di DPRD DKI Jakarta memberikan pandangan umum terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD DKI 2023. 

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengapresiasi berbagai pandangan umum dari setiap fraksi di DPRD mengenai Raperda tentang APBD 2023. 

Heru menyatakan sejumlah isu strategis seperti penanggulangan banjir, kemacetan, transportasi serta peningkatan pendapatan daerah telah dicatat.

Ia juga sudah membuat program kerja di tahun 2023 mendatang. Semisal dalam penanganan banjir Pemprov DKI menargetkan pembangunan dan merevitalisasi 16 waduk secara bertahap.

Baca Juga: Tolak Omnibus Law, KSPI Bakal Lakukan Aksi Lagi di kantor Gubernur DKI Jakarta Besok 10 November

Kemudian melakukan pemeliharaan seluruh prasarana dan sarana pengendali banjir serta pengembangan sistem pemantauan banjir.

Pemprov DKI bakal berkoordinasi intensif dengan pemerintah pusat dan melakukan sinkronisasi program secara berkala

"Target 2023 kami akan meningkatkan kapasitas sungai, membangun tanggul pengaman pantai yang merupakan program prioritas penanggulangan banjir. Menambah daya tampungan air dan sebagai tangkapan limpasan air sungai," ujar Heru saat sidang paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (9/11/2022).

Heru juga menjelaskan Pemprov DKI akan meningkatkan jaringan angkutan umum terintegrasi di Jakarta sehingga bisa menunjang upaya penguraian kemacetan.

Baca Juga: RAPBD DKI 2023 Naik 0,09 Persen dari APBD 2022, Pj Gubernur Heru Budi Ungkap Rinciannya

Saat ini telah dilaksanakan program integrasi angkutan seperti bus besar, bus sedang, bus kecil melalui pengoperasian 55 rute dan pengimplementasian 300 unit bus listrik.

Sejauh ini jangkauan layanan angkutan umum hingga September 2022 sebesar 86 persen dan akan terus ditingkatkan sampai dengan target 95 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x