Kompas TV internasional kompas dunia

Menkominfo: KTT G20 Dilput 2.128 Wartawan dari Dalam dan Luar Negeri, Putin-Zelenskyy Hadir?

Kompas.tv - 9 November 2022, 17:15 WIB
menkominfo-ktt-g20-dilput-2-128-wartawan-dari-dalam-dan-luar-negeri-putin-zelenskyy-hadir
Menteri Keuangan Spanyol Carlos Cuerpo menghadiri Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Jumat (15/7/ 2022). Puncak KTT G20 akan dihelat pekan depan, tepatya pada 15-16 November 2022. (Sumber: Made Nagi/Pool photo via AP)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022 pekan depan bakal diliput 2.128 wartawan dari dalam dan luar negeri. Hal itu disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Rabu (9/11/2022).

"Sudah ada 2.128 wartawan terakrediktasi dari dalam dan luar negeri, dan sebanyak 413 media telah terdaftar," kata Johnny, dikutip Antara.

Guna menunjang kinerja media dalam meliput KTT G20, Johnny mengeklaim pemerintah sudah menyiapkan sejumlah fasilitas mumpuni, " seperti 192 komputer, 192 LAN dan perangkat kerja studio yang diperlukan media, serta ada ruangan one-on-one untuk siaran yang baik."

Selain itu, tersedia server berkapasitas 2 TB yang disokong dua jaringan internasional fiber optic, demi kelancaran komunikasi internasional, serta 14 jaringan fiber optik domestik.

"Karena ini G20, maka security system-nya tinggi," kata Menkominfo.

Baca Juga: Bule yang Demo Saat KTT G20 di Bali akan Langsung Dideportasi

Dalam kesempatan yang sama, Johnny membicarakan kehadiran tamu undangan dalam acara ini.

"Sekarang 16 sudah konfirmasi, beberapa di antaranya berikan konfirmasi, tergantung situasi di negeri masing-masing," kata Johnny.

Ditanya terkait dua pemimpin negara berkonflik Rusia-Ukraina, Johnny menukil penyampaian Presiden Jokowi sehari sebelumnya.

"Kan sudah tahu Putin-Zelenskyy sudah berkomunikasi dengan presiden kita, mereka akan menentukan sesuai situasi di tempat masing-masing, saat nanti terakhir," ungkap dia.

Pemimpin yang dipastikan hadir termasuk Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Baca Juga: Putin-Zelenskyy Masih Pikir-Pikir, Biden-Xi Jinping Hadir di KTT G20 Bali


 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.