Kompas TV regional berita daerah

Tebing 15 Meter Longsor Timpa Rumah di Kulonprogo

Kompas.tv - 9 November 2022, 15:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULONPROGO, KOMPAS.TV - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kulonprogo, Yogyakarta mengakibatkan tebing setinggi 15 meter di Dusun Tangkisan 1 longsor. Longsoran tersebut menimpa rumah milik Magi warga Dusun Tangkisan 1, Kelurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Material longsor dari tebing setinggi 15 meter yang berada di samping rumah tersebut menerjang kamar belakang, tak lama setelah hujan deras mengguyur wilayah ini.

Dua unit sepeda motor dan sejumlah perabotan rumah yang berada di dalam ruangan sempat tertimbun material longsor. Beruntung dua penghuni rumah yang sedang menonton televisi di ruang keluarga berhasil menyelamatkan diri.

"Spontan membawa keponakan keluar dari kamar karena kaget, posisinya sedang menonton televisi," ujar Marsudi, keluarga korban.

Selain menimpa rumah milik Magi, longsor juga menimpa satu rumah milik warga lain di Pedukuhan Tangkisan 1. Longsor juga terjadi di delapan titik di wilayah ini dengan dampak yang bervariasi, hingga menutup akses jalan milik warga.

Proses pembersihan dilakukan secara manual, karena lokasi yang sulit dijangkau alat berat.

"Tangkisan 1 yang menimpa rumah bagian garasi dan dapur ada dua, untuk longsor tanahnya ada sekitar delapan. Jadi sekitar ada 10 titik di Pedukuhan Tangkisan 1. Titik terparah disini," jelas Asmuni Ari Wibowo, Dukuh Tangkisan 1.

"Ketinggian tebing sekitar 10 sampai 15 meter, kelebaran sekitar 8 meter, serta ketebalan tanah yang longsor sekitar kurang lebih 2 meter," sahutnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo mencatat ada 42 peristiwa tanah longsor yang terjadi di Kulonprogo saat hujan deras mengguyur wilayah ini. Kejadian ini tersebar di Kapanewon Girimulyo Kokap dan Pengasih.

#hujanderas #longsor #kulonprogo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.