Kompas TV nasional peristiwa

Menkominfo Johny G Plate: Terkait BTS, Ini Bukan Soal Korupsi

Kompas.tv - 9 November 2022, 15:41 WIB
menkominfo-johny-g-plate-terkait-bts-ini-bukan-soal-korupsi
Menkominfo Johny Plate bicara soal BTS. Johny G Plate buka suara soal dugaan tindak pidana korupsi dalam penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi dan Informati (Menkominfo) Johny G Plate buka suara soal dugaan tindak pidana korupsi dalam penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Johny menyebut, pembangunan tiang BTS harus dilajutkan untuk daerah terluar, terdepan dan tertinggal (3T) yang ada di Indonesia bersamaan dengan dugaan kasus korupsi. 

ia juga menyebutkan, pihak kominfo telah menyerahkan data anggaran dari Sekretariat Kominfo kepada Kejagung pada tanggal 7 November 2022 lalu. 

"Terkait BTS ini bukan soal korupsi, pembangunan dan mengoperasikan infrastruktur telekomunikasi wilayah terdepan, terluar atau tertinggal atau 3T itu dilaksanakan melalui badan layanan umum (BLU)," paparnya kepada tim liputan jurnalis Kompas TV, Rabu (9/11/2022). 

Johny lantas menjelaskan, badan layanan umum yang melaksanakan wilayah 3T adalah badan aksesibilitas telekomunikasi dan informasi atau biasa disingkat BLU Bakti dan punya manajemen sendiri yang beda dengan satuan kerja lain di Kominfo.  

Baca Juga: Dugaan Korupsi Tower BTS 4G, Kantor Kominfo Digeledah Kejagung

Kata Johny, untuk kebutuhan pembiayaan pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya di wilayah 3T, dibutuhkan tambahan pendanaan atau pembiayaan. 

Kominfo, kata Johny, membantu BLU BAKTI bersama dengan kementerian keuangan untuk menyiapkan APBN.

"Jadi Kominfo menyiapkan anggaran melalui APBN yang sudah diserahkan dan dikelola bakti. Untuk pembangunan di wilayah 3T banyak masalahnya, 'kan terdepan, terluar dan tertinggal, ada banyak masalahnya.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x