Kompas TV regional berita daerah

Pelabuhan Gilimanuk Dilengkapi Alat Pencocokan E KTP

Kompas.tv - 9 November 2022, 14:13 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

JEMBRANA, KOMPAS TV - Tidak hanya barang bawaan, identitas setiap orang yang masuk bali di Pelabuhan Gilimanuk diperiksa ketat petugas gabungan dari Sat Pol PP, Dafduk, TNI dan Polri hingga Linmas.

Hal ini dilakukan dalam rangka mengamankan pelaksanaan G20 yang berlangsung di Bali.

Bahkan selama pelaksanaan G20 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jembrana telah memasang alat pencocokan data KTP Elektronik di pos pemeriksaan KTP yang ada di Pelabuhan Gilimanuk.

Alat ini menurut penuturan I Made Sutana salah satu petugas di pos pemeriksaan KTP dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jembrana digunakan untuk menghindari adanya aksi pemalsuan KTP yang mungkin saja dilakukan oleh pelaku kejahatan atau pelaku teror agar bisa lolos masuk ke Bali.

Mereka yang diperiksa KTPnya pada alat ini, adalah mereka yang dicurigai dengan KTP yang dibawa rusak, tulisan di KTP tidak jelas termasuk photo di KTP buram.

Dengan alat ini, KTP yang dicurigai akan discan disebuah alat yang sudah terkoneksi ke layar monitor dan data dalam KTP ini nantinya akan muncul di layar monitor ini.

Jika didapati membawa KTP palsu, atau tidak membawa identitas sama sekali masuk Bali maka yang bersangkutan akan dikembalikan paksa ke daerah asalnya di Jawa.

 

 

 

 

 

 

 

#pelabuhan_gilimanuk   #EKTP    #G20



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x