Kompas TV nasional hukum

Saksi Romer Pernah Lihat Brigadir J Arahkan Senjata ke Foto Ferdy Sambo, Diingatkan Jangan Main-Main

Rabu, 9 November 2022 | 06:30 WIB
saksi-romer-pernah-lihat-brigadir-j-arahkan-senjata-ke-foto-ferdy-sambo-diingatkan-jangan-main-main
Ajudan Ferdy Sambo, Adzan Romer mengaku sempat todongkan senjata ke arah eks Kadiv Propam Polri itu setelah ia mendengar suara tembakan dari rumah dinas Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan pada hari kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J). (Sumber: Tangkapan layar cuplikan video KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Almarhum Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J disebut pernah mengarahkan senjata ke foto Ferdy Sambo yang berada di posko ajudan. 

Hal ini terungkap saat tim kuasa hukum keluarga Ferdy Sambo, Rasamala Aritonang, menggali perubahan sikap dan perilaku Brigadir J yang suka marah-marah, kasar dan menunda perintah kepada saksi Adzan Romer, ajudan Ferdy Sambo sebelum peristiwa penembakan di rumah Duren Tiga, Jumat (8/11/2022).

Awalnya Rasamala menerangkan berita acara pemeriksaan (BAP) Romer yang pernah melihat Brigadir J mengisi senjata dan mengarahkan ke foto Ferdy Sambo. 

Rasamala kemudian meminta Romer menjelaskan terkait hal yang pernah dilihatnya. 

Baca Juga: Saksi Adzan Romer Mengaku Sempat Todongkan Senjata ke Ferdy Sambo Usai Yosua Dibunuh

Menurut Romer momen itu terjadi saat dirinya dirinya sedang membersihkan senjata jenis Steyr di posko ajudan Ferdy Sambo yang berada tidak jauh dari rumah Duren Tiga. Di posko tersebut ada juga saksi saksi Bharada Sadam yang juga ajudan Ferdy Sambo.  

Kemudian almarhum Brigadir J datang dan meminta senjata yang dibersihkan saksi Romer. 

"Almarhum Yosua langsung, 'Coba sini senjatanya'. Setelah itu dikokang senjatanya sama almarhum terus dilepas magazine-nya terus dia mengarahkan senjata ke arah foto Bapak Ferdy Sambo," ujar Romer di pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (8/11/2022). 

Romer mengaku kala itu dirinya langsung mengingatkan Brigadir J untuk tidak bermain-main dengan senjata api tersebut.

Baca Juga: 6 Jam Bersama, Daden ungkap Yosua Sempat Curhat Percintaan hingga Keuangan

Menurut dia, almarhum Yosua malah menerintahkan Sadam untuk kembali membidik foto Sambo.

"Saya bilang 'Adik jangan main-main senjata itu ada isinya', terus dikokang kembali, pelurunya keluar dan dia berkata kepada saya 'Tenang saja Bang, saya juga paham senjata'" ujar Romer.

Melihat kejadian itu, Romer menuju kamar dan tidak memperhatikan almarhum lagi lantaran sudah memperingatkan untuk berhati-hati dengan senjata.

Rasamala kemudian menanyakan siapa saja yang menyaksikan momen tersebut. Romer mengaku yang menyaksikan dirinya dan Bharada Sadam. 

Baca Juga: Adzan Romer Ngaku Dengar Suara Tangisan Putri Candrawathi Usai Penembakan Yosua

Menilai hal tersebut merupakan bentuk ancaman terhadap kliennya Ferdy Sambo, mantan penyidik KPK tersebut kemudian menanyakan apakah ada bentuk lain. 

"Kalau bentuk lainnya pernah enggak menunjukkan ancaman ke Pak Ferdy Sambo?" tanya Rasamala lagi.

"Tidak pernah," ujar Romer.


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x