Kompas TV nasional peristiwa

Tinjau Lokasi KTT G20, Presiden Jokowi: Indonesia Siap Menerima Tamu

Selasa, 8 November 2022 | 20:09 WIB
tinjau-lokasi-ktt-g20-presiden-jokowi-indonesia-siap-menerima-tamu
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau salah satu lokasi penyelenggaraan KTT G20 di Bali, Selasa (8/11/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden RI)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presdien Joko Widodo beserta jajarannya menijau lokasi-lokasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November mendatang, Selasa (8/11/2022). Jokowi menegaskan Indonesia siap menyambut tamu-tamu kepala pemerintahan G20.

“Jadi ini sudah H-7, saya sudah cek dari pagi tadi sampai titik-titik yang paling kecil sudah kita cek semuanya dan saya ingin menyatakan kita siap menerima tamu-tamu G20,” kata Jokowi dalam rilis yang disiarkan Sekretariat Presiden RI, Selasa (8/11).

Jokowi menyebut, sepekan jelang digelarnya KTT, sudah ada 17 kepala pemerintahan yang mengonfirmasi akan hadir. Dua pemimpin negara yang mengonfirmasi akan hadir adalah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

Baca Juga: G20, Pelabuhan Padangbai Dilengkapi CCTV & Kamera Scan Wajah

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang kini saling berperang urung mengonfirmasi kehadiran. Jokowi menyebut Putin dan Zelenskyy masih mempertimbangkan kondisi negara masing-masing sebelum memutuskan hadir atau tidak.

"Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelenskyy. Beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan, kata Jokowi.

Lebih lanjut, konfirmasi kehadiran 17 kepala pemerintahan adalah suatu kehormatan bagi Indonesia. Pasalnya, Jokowi menyebut dunia saat ini dalam situasi tidak kondusif, tetapi para pemimpin G20 bersedia menyempatkan diri hadir ke Bali.

“Saya kira dalam posisi normal itu biasa yang hadir juga 17-18. Ini posisi tidak normal, dunia sangat sulit, semua negara sangat sulit. Kalau kehadirannya sampai sejumlah itu saya kira juga sangat bagus, sangat bagus,” kata Jokowi.

Baca Juga: Putin-Zelenskyy Masih Pikir-Pikir, Biden-Xi Jinping Hadir di KTT G20 Bali
 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x