Kompas TV regional peristiwa

Warga Pesisir Jakarta Utara Berkemas Hindari Rob Jelang Gerhana Bulan

Selasa, 8 November 2022 | 14:07 WIB
warga-pesisir-jakarta-utara-berkemas-hindari-rob-jelang-gerhana-bulan
Kondisi rumah warga di Muara Angke, Jakarta Utara, Senin (7/11/2022) siang. (Sumber: Kompas.id/Stafanus Ato)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagian warga wilayah pesisir Jakarta Utara mulai berkemas dan bersiap menghadapi potensi rob. Hal ini meyusul peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengenai gerhana bulan pada 8 November 2022 yang berpotensi memperparah rob.

Diketahui, melansir dari Kompas.id, di RW 022 Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Senin, warga mulai memindahkan perabotan rumah tangga ke tempat yang lebih tinggi.

“Sejak pagi tadi sudah beres-beres. Lemari dan kasur kami simpan di lantai atas. Setiap kali ada rob, ketinggian air di sini bisa sampai 1 meter,” ungkap Kartini (40), warga RT 007 RW 022, Kelurahan Pluit tersebut, Senin (7/11/2022).

Wilayah Muara Angke merupakan salah satu daerah yang rutin terendam rob. Satu pekan lalu, daerah itu juga sempat terendam rob selama empat hari.

Akibat sering rutin dilanda rob, sebagian lantai bawah rumah warga di Muara Angke sudah tak lagi ditempati warga. Lantai dasar rumah warga pada Senin siang juga masih tergenang air dan dipenuhi sampah.

“Ada beberapa rumah yang sudah ditinggal pemiliknya. Rumah saya dari 2019 sudah empat kali saya tinggikan,” ujar Kartini.

Baca Juga: Gerhana Bulan Perparah Rob, Simak Penjelasan BMKG

Adapun Kepala Pusat Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Eko Prasetyo mengungkapkan, potensi rob diperkirakan terjadi di 14 wilayah karena faktor astronomi.

“Faktor astronomi itu di antaranya gerhana bulan, (dan) matahari, sebagai pembangkit utama pasang dan surut air laut. Jadi, bukan fenomena gerhana, tetapi faktor astronomi gravitasi bumi dan matahari,” terang Eko di Jakarta, Senin (7/11/2022).

Sejumlah wilayah yang berpotensi rob itu antara lain pesisir Aceh, Sumatera Utara, pesisir barat Sumatera Barat, Lampung, dan Kepulauan Riau. Rob juga berpotensi terjadi di pesisir wilayah utara Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, pesisir selatan Bali, pesisir Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Khusus di Jakarta, potensi rob diperkirakan bakal terjadi pada 8 November sampai 14 November 2022.


Sumber : Kompas.id

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x