Kompas TV feature news or hoax

Hoax Penampakan UFO Di Bandung Jawa Barat - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 8 November 2022, 15:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Video lama mengenai penampakan benda langit yang dikira Unidentified Flying Object atau UFO kembali beredar, benda tersebut diklaim tampak di wilayah Dago Bandung pada 23 Januari 2022 lalu pukul 18.24 WIB.

Narasi terus berkembang pada terusan video ini, namun setelah dicek kebenarannya penjelasan mengenai UFO pada video adalah keterangan tidak benar atau hoaks.

Seperti yang dikutip dari kompas.com, Peneliti Pusat Riset Antariksa Brin Andi Pangerang menyatakan benda yang tampak dalam video bukanlah UFO, ”dapat kami pastikan itu bukan UFO atau benda terbang tak dikenal”, ia menyatakan benda langit tersebut kemungkinan besar adalah Low Earth Orbit Satelit atau satelit orbit bumi rendah.

Benda tersebut adalah satelit yang melaju di lingkaran orbit bumi rendah yang apabila kamera dalam kondisi diam benda terbang tersebut seolah bergerak secara lurus dan melengkung seperti parabola.

Menurut Andi, jumlah satelit ini di dunia sudah mencapai puluhan ribu tidak mengheranlan jika salah satunya tertangkap kamera.

Jadi narasi pada video yang disebutkan benda bercahaya di langit adalah UFO merupakan informasi tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x