Kompas TV feature news or hoax

Hoax Situasi Resesi Di Amerika Serikat - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 8 November 2022, 15:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sebuah video menampilkan jalanan yang diklaim sebagai situasi terkini Amerika Serikat di tengah resesi, tertulis narasi yang menyatakan kondisi akibat resesi tidak banyak disorot karena adanya kepentingan publik.

Namun setelah dicek narasi yang beredar dengan video yang diunggah merupakan informasi yang tidak benar atau hoaks. Video yang beredar merupakan video penampilan jalanan di AS yang ditemukan pada kanal youtuber kensington now yang diunggah pada 26 Juli 2022 lalu.

Video yang beredar diambil dari potongan video yang berjudul Walking Kensington Ave K&A yang berdurasi 20 menit 19 detik/ pada menit ke-2 detik ke-45, pada keterangan video dituliskan Kensington Now membuka donasi soal keprihatinan terhadap fenomena overdosis di Kensington Philadelphia AS.

Terkait resesi forbes pada minggu 23 Oktober lalu menuliskan AS tidak sedang berada dalam resesi pada musim panas 2022, menurut definisi umum dua kuartal berturut-turut produk domestik bruto di AS memang menunjukkan angka negatif.

Namun menurut definisi siklus bisnis AS National Bureau Of Econimic Research penurunan signifikan aktivitas ekonomi yang berlangsung lebih dari beberapa bulan ini bukanlah resesi.

Jadi narasi pada video yang menyatakan kondisi pada video merupakan keadaan saat Amerika Serikat sedang resesi adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x