Kompas TV entertainment lifestyle

Hari Ini Terjadi Gerhana Bulan Total, Ini Waktu Melihatnya di Setiap Wilayah Indonesia

Selasa, 8 November 2022 | 06:23 WIB
hari-ini-terjadi-gerhana-bulan-total-ini-waktu-melihatnya-di-setiap-wilayah-indonesia
Ilustrasi. Gerhana bulan total akan terjadi hari ini, Selasa (8/11/2022). Hampir seluruh wilayah Indonesia bisa melihatnya. (Sumber: bgr.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fenomena gerhana bulan total (GBT) akan terjadi hari ini, Selasa (8/11/2022). Hampir seluruh wilayah Indonesia bisa melihat secara langsung puncak gerhana.

Staf Ahli BMKG Aceh, Andrean Simanjuntak mengatakan,  ini merupakan gerhana bulan total terakhir pada tahun 2022.

Gerhana bulan total adalah peristiwa yang terjadi saat bulan, matahari dan bumi dalam posisi sejajar.

Hal ini membuat cahaya matahari terhalangi oleh Bumi sehingga sinarnya tidak semuanya sampai ke bulan. 

Nantinya, saat puncak gerhana bulan total terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah. 

"Gerhana bulan besok merupakan salah satu proses astronomi yang mana saat seluruh permukaan bulan memasuki zona umbra (bayangan inti) bumi," ujar Andrean, Senin (7/11/2022) dikutip dari Antara.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total 8 November 2022 kembali Terjadi pada 2025, Ini Dampaknya bagi Kehidupan Manusia

Lantas, jam berapa gerhana bulan total hari ini?

Ia mengatakan gerhana bulan total hari ini terjadi sekitar 6 jam dari pukul 15.00 hingga 21.00 WIB, sekitar 1 jam 30 menit untuk fase puncaknya.

Adapun fasenya yakni saat penumbra pada 15.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan fase umbra di mana sebagian akan mulai nampak pada 16.00 WIB.

"Hingga total pada 17.15 WIB, serta dilanjutkan dengan puncaknya hingga pukul 17.59 WIB," ucapnya.

Andrean menjelaskan, gerhana akan berakhir sekitar 18.30 WIB pada saat umbra kedua kali hingga 21.00 WIB pada saat penumbra kedua kali.

Berikut wilatah yang bisa melihat gerhana bulan total hari ini dan waktunya, dikutip dari siaran pers Kementerian Agama.

1. Gerhana bulan total di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18:42 WIB. 

2. Gerhana bulan total di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung dapat dilihat puncaknya pada 17:59 WIB.

Baca Juga: Gerhana Bulan pada 8 November, Muhammadiyah Ajak Laksanakan Salat Gerhana dan Bagikan Tata Caranya

3. Gerhana bulan total di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat dilihat puncaknya pada 17:59 WIB.

4. Gerhana bulan total di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, GBT dapat dilihat pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 17:16 WIB/18:16 WITA/19:16 WIT.

5. Gerhana bulan total di Papua dan Papua Barat dapat melihat Gerhana Bulan Total pada kontak Umbra 1 (U1) pukul 18:08 WIT.

Demikian uraian fenomena gerhana bulan total hari ini dan wilayah-wilayah yang dapat melihatnya secara langsung.


Sumber : Antara, kemenag

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x