Kompas TV nasional politik

Ketika Jokowi Meramal Prabowo Bakal Jadi Presiden Selanjutnya, Survei Membuktikan...

Kompas.tv - 8 November 2022, 05:58 WIB
ketika-jokowi-meramal-prabowo-bakal-jadi-presiden-selanjutnya-survei-membuktikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di acara Indo Defence 2022 Expo & Forum yang digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada Rabu, 2 November 2022. (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden-Muchlis Jr )
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara gamblang meramalkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bakal menjadi presiden selanjutnya. Hal itu dikatakan Jokowi dalam acara ulang tahun Partai Perindo di Jakarta Pusat, Senin (7/11/2022).

Awalnya Jokowi menyinggung isi pidato Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo yang menyebut kemenangan Jokowi dimulai dari Kota Solo kemudian memenangi kontestasi Pilpres dua kali. 

"Tadi Pak Hary menyampaikan saya ini dua kali Wali Kota di Solo menang, kemudian ditarik ke Jakarta gubernur sekali menang. Kemudian dua kali di Pemilu Presiden juga menang," kata Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi meramalkan Prabowo akan jadi presiden berikutnya.  "Kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo," ujar Jokowi disambut riuh tawa dan tepuk tangan hadiri.

Baca Juga: Pernyataannya soal Jatah Prabowo Dianggap sebagai Dukungan, Jokowi: 'Diartikan Sinyal ya Boleh'

Pernyataan cukup jelas kepada Prabowo bukan sekali ini dia sampaikan. Pada acara  Indo Defence Expo and Forum 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11/2022) Jokowi juga menyatakan hal yang sama. Namun, Prabowo meluruskan dukungan tersebut dalam konteks bidang pertahanan.


 

"Sudah sejak awal, kok restu-restu? Sejak awal saya menyampaikan mendukung beliau (Prabowo)."

Dalam berbagai survei, nama Prabowo memang selalu masuk dalam tiga besar bersama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Misalnya, dalam survei litbang Kompas, elektabilitas Prabowo Subianto unggul atas Anies Baswedan dalam simulasi dua calon pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Jajak pendapat Litbang Kompas yang berlangsung 24 September-7 Oktober 2022, mengungkapkan jika diadu, Prabowo memperoleh elektabilitas sebesar 52,1 persen, dan Anies di angka 47,9 persen. Hasil itu menunjukkan bahwa Prabowo masih mempertahankan keunggulannya atas Anies tahun ini.

Baca Juga: Jokowi: Kelihatannya Prabowo Presiden Indonesia Berikutnya

Survei juga menunjukkan para pendukung Prabowo tersebar sebagian besar di Jawa Barat, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara dan Sulawesi Selatan.

Namun,  Prabowo juga  kehilangan suara cukup besar di masyarakat perkotaan dan perdesaan.  Nama  sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berhasil menyedot perhatian pemilih dari perdesaan meski suaranya masih di bawah Ganjar, Prabowo, dan Anies.

Meski belum menyampaikan secara terbukan, namun Partai Gerindra sudah menyatakan bahwa bakal calon presiden Gerindra 2024 adalah Prabowo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x