Kompas TV regional berita daerah

Balung Gajah Diminati Para Pemburu Kuliner

Kompas.tv - 7 November 2022, 16:20 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Jika membahas wisata kuliner tentu tidak ada habisnya, salah satunya makanan berbahan tulang sapi. Di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sebuah rumah akan menyediakan balung gajah. Namun, balung atau tulang yang disediakan bukan dari binatang gajah. 

Balung gajah ini menu iga bakar dengan ukuran yang cukup besar dan dianalogikan sebesar tulang gajah. Iga bakar ini beratnya mencapai di atas satu kilogram per potongnya.

Agar cita rasa dan bumbunya benar-benar meresap, iga sapi diolah berulang kali. Mulai dari di presto, dimasak dengan bumbu, hingga dibakar dengan arang. Balung atau tulang iga lalu diguyur dengan kuah bumbu rempah sebelum disajikan.

"Daging sapi saja. Cuma, biar agak terdengar beda itu kan diplesetin dengan gajah. Karena besar, dan biar menarik aja dikenal orang," ungkap Agung Hardono, pemilik warung.

Menu balung gajah ini pun sukses menarik pengunjung. Salah seorang pengunjung mengaku datang setelah melihat olahan balung gajah di sosial media.

"Pengen coba aja itu. Penasaran pengen nyoba balungan itu. Rasanya mantap sekali. Bumbunya meresap semua, dagingnya empuk, rempah-rempahnya terasa banget. Wah porsinya terlalu besar," ujar Budiman, pengunjung.

Menu balung gajah ini dibanderol 90 ribu rupiah per kilogram. Untuk mencobanya anda dapat langsung mengunjungi warung makan Mbah Lincah di Jalan Raya Karangwuni, Pedan, Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

#balunggajah #igasapi #kuliner



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x