Kompas TV regional berita daerah

Waspadai Kecelakaan Laut, Relawan dan Tim SAR di Pekalongan Gelar Simulasi

Kompas.tv - 7 November 2022, 11:14 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Setelah mendapat informasi adanya perahu nelayan yang tenggelam, jajaran petugas Satpolairud Polres Kota Pekalongan, langsung menuju titik lokasi yang didapat. Petugas berhasil menemukan 3 orang nelayan yang tengah mengapung di laut, akibat perahu yang mereka tumpangi terguling dan tenggelam. Setelah berhasil mengevakuasi para nelayan di perairan, petugas kemudian membawa para korban untuk langsung mendapat pertolongan medis.

Simulasi penyelamatan kecelakaan air di perairan laut Kota Pekalongan ini diselenggarakan jajaran Satpolairud Polres Kota  Pekalongan Rabu (2/11/2022) siang. Kegiatan simulasi juga melibatkan semua unsur relawan yang ada di Kota Pekalongan serta instansi terkait, seperti BPBD dan Damkar. 

Tujuan simulasi ini untuk mengasah keterampilan para petugas maupun relawan, menyikapi wilayah perairan dan pesisir Kota Pekalongan memiliki karakteristik gelombang tinggi, sehingga rawan terjadi kecelakaan laut seperti kapal tenggelam, orang tenggelam atau hilang dan jatuh di laut.

"Di tempat kita khususnya, kejadian-kejadian laka air cukup tinggi. Untuk membantu personel kita di Satpolairud, kita merekrut relawan yang terdiri dari masyarakat sekitar," ujar AKBP Wahyu Rohadi, Kapolres Pekalongan Kota.

Jajaran Satpolairud juga merekrut sejumlah warga di pesisir pantai dan warga yang tinggal di daerah yang kerap terendam banjir, untuk diberikan pelatihan dan ketrampilan khusus menangani banjir dan kecelakaan air. Pasalnya, dibutuhkan kecepatan untuk merespon dan penanganan terhadap kejadian kecelakaan air maupun bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

#timsar #satpolairud #pekalongan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x