Kompas TV nasional viral

Kemenag Tepis Isu Paus Fransiskus ke Bali, Dirjen Bimas Katolik Tegaskan Video yang Beredar Hoaks

Kompas.tv - 7 November 2022, 07:16 WIB
kemenag-tepis-isu-paus-fransiskus-ke-bali-dirjen-bimas-katolik-tegaskan-video-yang-beredar-hoaks
Paus Fransiskus. (Sumber: Straits Times/Reuters)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Plt Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama (Kemenag) RI, Adiyarto Sumardjono, menegaskan bahwa video yang tersebar di media sosial dengan narasi bahwa Paus Fransiskus sedang dalam perjalanan ke Bali untuk menghadiri Forum G20 sebagai hoaks.

“Saya pastikan kembali bahwa berita kedatangan Paus Fransiskus ke Bali dalam rangka menghadiri Forum G20 adalah tidak benar,” kata Adiyarto di Jakarta, Minggu (6/11/2022) melalui keterangan tertulis kepada KOMPAS.TV.

Ia menjelaskan, pemimpin Gereja Katolik Vatikan itu sedang melakukan perjalanan ke negara Bahrain selama empat hari untuk mengikuti sebuah acara.

“Paus Fransiskus melakukan perjalanan apostolik pada tanggal 3-6 November 2022 dalam rangka menghadiri (acara) Bahrain Forum for Dialogue di Kerajaan Bahrain," kata Adiyarto.

Informasi tersebut ia dapatkan dari Duta Besar Takhta Suci Vatikan untuk Republik Indonesia (Nunsio Apostolik), Uskup Agung Piero Pioppo.

Baca Juga: Cerita Menag Yaqut Temui Paus Fransiscus di Vatikan, Mengundang ke Indonesia

Adiyarto mengungkapkan, Paus Fransiskus memang diundang oleh Presiden Joko Widodo utuk berkunjung ke Indonesia sebagai momentum untuk mempererat persahabatan dan kerja sama demi kemaslahatan kedua negara.  

Undangan tersebut juga disampaikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas ketika berkesempatan untuk menemui Paus Fransiskus di Basilika St. Petrus, Vatikan pada bulan Juni 2022.


“Menag telah menyampaikan kembali undangan kepada Paus Fransiskus. Dalam beberapa kesempatan juga telah dibahas bersama Nunsio dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Takhta Suci di Vatikan," kata Adiyarto.

"Namun untuk kepastian waktunya sangat bergantung pada kondisi kesehatan Paus Fransikus mengingat jarak antara Vatikan dan Indonesia yang cukup jauh,” lanjut dia.

Baca Juga: Alasan Menag Yaqut Ingin Paus Fransiskus Datang ke Indonesia hingga Temui Langsung di Vatikan

Oleh karena itu, ia mengajak umat Katolik untuk mendoakan kesehatan Paus Fransiskus agar dapat menjalankan tugasnya, termasuk melakukan perjalanan ke Indonesia. 

“Kita mengundang Paus Fransiskus agar dapat menyaksikan dan merasakan secara langsung indahnya keberagaman di Indonesia sekaligus menyapa umat Katolik Indonesia secara langsung," kata Adiyarto. 

Ia juga berpesan agar umat Katolik dan siapa pun selalu melakukan check dan recheck sebelum mempercayai maupun meneruskan suatu informasi untuk menjaga ketenangan dan kedamaian.

Sebelumnya, di media sosial beredar video yang menunjukkan Paus Fransiskus berada di pesawat komersial. Keterangan di dalam video tersebut menyebut bahwa orang nomor satu di Vatikan itu sedang dalam perjalanan menuju Bali untuk menghadiri Forum G20.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x