Kompas TV video vod

Jelang KTT G2O, Presiden Jokowi Telepon Zelenskyy dan Vladimir Putin

Kompas.tv - 6 November 2022, 07:55 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Jelang KTT G20 di Bali, Presiden Joko Widodo menelepon Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy membahas KTT di Bali itu dan soal krisis pangan.

Sehari sebelumnya, Jokowi juga menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin di tengah konflik Rusia-Ukraina yang belum tuntas.

Baca Juga: Eks Anggota Parlemen Rusia Anti-Putin Gelar Kongres, Siapkan Masa Depan Rusia Pasca-Putin

Jelang KTT G20 bulan ini, Presiden Jokowi menelepon Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Kamis lalu.

Dikutip dari akun Twitter resminya @jokowi, kepala negara menyebut, “saya berbicara dengan Presiden Zelenskyy dari Ukrain  tentang situasi di Ukraina dan black sea grain initiative.”

Presiden Ukraina juga menceritakan isi percakapannya dengan Presiden Jokowi.

Hingga krisis pangan, Zelenskyy berterima kasih Jokowi turut aktif mencegah krisis pangan akibat konflik Rusia-Ukraina.

Lewat akun twitternya @zelenskyyUa ia menyebut, “Saya berbincang dengan Presiden Indonesia @jokowi. Kami membahas pentingnya melanjutkan grain initiative, Ukraina siap untuk terus menjadi penjamin ketahanan pangan global. Perhatian juga diberikan pada persiapan KTT #g20.”

Jokowi juga telah bertelepon dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin mengapresiasi keputusan Rusia bergabung dengan kesepakatan koridor gandum laut hitam.

“Berbincang dengan Presiden Putin dan membahas tentang black sea grain initiative. Menyambut keputusan Rusia untuk bergabung kembali. “ujar Jokowi lewat akun twitternya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x