Kompas TV internasional kompas dunia

Saling Gertak, Korut Tembakkan Banyak Rudal saat AS Terbangkan Pengebom Strategis B-1B di Korsel

Kompas.tv - 6 November 2022, 02:05 WIB
saling-gertak-korut-tembakkan-banyak-rudal-saat-as-terbangkan-pengebom-strategis-b-1b-di-korsel
Korea Utara menambah rentetan demonstrasi senjata hari Sabtu (5/11/2022) dengan meluncurkan empat rudal balistik ke laut saat Amerika Serikat mengirim dua pengebom strategis B-1B yang melesat di atas Korea Selatan, dalam tampilan duel saling gertak kekuatan militer yang menggarisbawahi meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut. (Sumber: Tass)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SEOUL, KOMPAS.TV — Korea Utara menambah rentetan demonstrasi senjata, Sabtu (5/11/2022), dengan meluncurkan empat rudal balistik ke laut saat Amerika Serikat (AS) mengirim dua pengebom strategis B-1B yang melesat di atas Korea Selatan, dalam tampilan duel saling gertak kekuatan militer yang menggarisbawahi meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut.

Melansir Associated Press, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan empat rudal jarak pendek yang ditembakkan dari pantai barat sekitar tengah hari terbang sekitar 130 kilometer menuju laut barat negara itu.

Korea Utara menguji coba lebih dari 30 rudal minggu ini, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM) pada hari Kamis yang memicu peringatan evakuasi di Jepang utara, dan menerbangkan sejumlah besar pesawat tempur di dalam wilayahnya sebagai reaksi marah terhadap latihan udara gabungan besar-besaran antara AS dan Korea Selatan.

Militer Korea Selatan mengatakan, dua pengebom B-1B melakukan latihan tempur dengan empat jet tempur F-16 AS dan empat jet F-35 Korea Selatan selama hari terakhir latihan angkatan udara gabungan "Vigilant Storm" yang berakhir hari Sabtu.

Ini menandai pertama kalinya sejak Desember 2017 bahwa pengebom strategis dikerahkan ke Semenanjung Korea. Latihan tersebut melibatkan sekitar 240 pesawat tempur, termasuk jet tempur canggih F-35 dari kedua negara.

Kementerian Luar Negeri Korea Utara pada Jumat malam menggambarkan tindakan militer negara itu minggu ini sebagai tanggapan yang tepat terhadap latihan itu, yang disebutnya sebagai "histeria konfrontasi militer" AS.

Dikatakan Korea Utara akan menanggapi dengan "tanggapan terberat" terhadap setiap upaya oleh "pasukan musuh" untuk melanggar kedaulatan atau kepentingan keamanannya.

Baca Juga: Korea Utara Layangkan Ancaman Nuklir, AS Jawab dengan Pamer Kekuatan Pesawat Pengebom Supersonik

Korea Utara menambah rentetan demonstrasi senjata hari Sabtu, (5/11/2022) dengan meluncurkan empat rudal balistik ke laut. Sebelumnya AS terbangkan B-1B (Sumber: AP Photo)

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan partisipasi B-1B dalam latihan bersama menunjukkan kesiapan sekutu untuk "menanggapi tegas" provokasi Korea Utara dan komitmen AS untuk membela sekutunya dengan berbagai kemampuan militernya, termasuk nuklir.

Melintasnya B-1B menjadi pertunjukan kekuatan yang akrab selama periode ketegangan terakhir dengan Korea Utara. Pesawat-pesawat itu terakhir kali muncul di wilayah tersebut pada tahun 2017, selama demonstrasi provokatif lainnya dalam demonstrasi senjata Korea Utara.

Tetapi keterlibatan B-1B dihentikan beberapa tahun terakhir karena AS dan Korea Selatan menghentikan latihan skala besar mereka untuk mendukung upaya diplomatik mantan pemerintahan Trump dengan Korea Utara dan karena pandemi Covid-19.

Sekutu melanjutkan pelatihan skala besar mereka tahun ini setelah Korea Utara meningkatkan pengujian senjatanya dengan kecepatan paling tinggi, memanfaatkan perpecahan di Dewan Keamanan PBB atas perang Rusia di Ukraina sebagai jendela untuk mempercepat pengembangan senjata.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x