Kompas TV olahraga sepak bola

PT LIB Pastikan Liga 1 Berlanjut tapi Format Masih Belum Dipastikan

Kompas.tv - 5 November 2022, 04:40 WIB
pt-lib-pastikan-liga-1-berlanjut-tapi-format-masih-belum-dipastikan
PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memastikan Liga 1 akan berlanjut meski belum diketahui bagaimana format yang akan digunakan. (Sumber: Antara Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 akan dilanjutkan, meski belum diketahui bagaimana format yang akan diterapkan. 

Menurut Komisaris Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Juni Ardianto Rahman, format Liga 1 nantinya akan disesuaikan dari izin dari pemerintah. 

"Kompetisi akan berjalan penuh. Namun, formatnya belum dipastikan apakah tetap 'home and away' atau gelembung (seperti musim 2021-2022-red). Nanti disesuaikan dengan izin dari pemerintah," kata Juni usai pertemuan LIB dengan pemilik klub Liga 1 Indonesia di Jakarta, dilansir dari Antara, Jumat (4/11/2022). 

Dalam kesempatan tersebut, pria yang juga menjadi anggota Komita Eksekutif (Exco) PSSI itu menyebut, ada beberapa opsi tanggal dimulai kembalinya Liga 1.

Ada tiga tanggal, yaitu 8 November, 25 November, atau 2 Desember 2022. Namun, Juni juga menegaskan, kapan pun kompetisi itu dimulai, LIB menargetkan Liga 1 selesai pada 16 April 2023 karena akan ada Piala Dunia U20. 

"April harus selesai karena mulai Mei akan berlangsung Piala Dunia U-20 2023," ujar Juni.

Baca Juga: Dorong Kompetisi Sepak Bola Nasional, Menpora Sebut Kelanjutan Liga 1, 2 dan 3 Ada di Tangan Polri

Sementara mengenai keberadaan penonton di stadion dan jadwal lanjutan Liga 1 2022-2023, Direktur Operasional LIB Sudjarno menjelaskan, hal tersebut akan dibahas lebih lanjut ketika sudah ada kepastian soal format kompetisi.

"Kami akan melihat skemanya untuk membuat jadwal yang nantinya akan dikoordinasikan dengan pemegang hak siar," kata Sudjarno. 

"Lalu, kalau diizinkan pemerintah dengan penonton, maka kami pun akan membuat skemanya bagaimana," imbuhnya. 

Dalam kesempatan yang sama, pihak LIB juga berharap kepastian soal izin Liga 1 dari pemerintah bisa didapatkan sebelum pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT LIB yang digelar di Jakarta pada 15 November 2022.

Seperti yang diketahui, menyusul Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu yang menewaskan 135 orang, PT LIB dan PSSI memutuskan Liga 1 Indonesia musim 2022-2023 disetop mulai 2 Oktober 2022 sampai batas waktu yang tidak ditentukan. 

Sebelum dilanjutkan, pemerintah meminta perombakan total di dalam penyelenggaraan persepakbolaan nasional demi mencegah terjadinya tragedi serupa di masa depan.  

Baca Juga: Draft Jadwal Kelanjutan Liga 1 2022-23 Bocor, PT LIB: Belum Fix


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x