Kompas TV nasional peristiwa

Mahfud MD Klaim Mayoritas Masyarakat Siap Beralih ke TV Digital: Yang Belum Siap, Datang ke Posko

Kompas.tv - 4 November 2022, 21:58 WIB
mahfud-md-klaim-mayoritas-masyarakat-siap-beralih-ke-tv-digital-yang-belum-siap-datang-ke-posko
 Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut mayoritas masyarakat sudah siap migrasi siaran TV analog ke TV digital atau analog switch off (ASO). (Sumber: Sekretariat Presiden RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut mayoritas masyarakat sudah siap migrasi siaran TV analog ke TV digital atau analog switch off (ASO).

Terlebih kata dia, pihaknya sudah membentuk posko-posko terkait migrasi ke TV digital. Sehingga, menurutnya tidak ada alasan untuk tak siap dengan penghentian siaran analog.

"Ini jangan dikatakan ini tak siap. 98 persen masyarakat sudah siap (mengganti ke TV digital)," kata Mahfud seperti dikutip dari Antara, Jumat (4/11/2022).

"Sudah dibentuk posko-posko, siapa yang belum siap datang ke posko nanti dibantu, yang (belum siap) dua persen dari Jabodetabek, dan 209 kabupaten/kota lainnya. Jadi kita sudah siap semua."

Dia pun menegaskan, ASO bukanlah kebijakan baru. Aturan soal ASO sudah dibuat jauh sebelum adanya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap Undang-Undang Cipta Kerja.

"Ini bukan kebijakan baru, kan putusan MK berlaku ke depan. Tidak bisa berlaku surut. Nah, ini sudah berlaku sebelum ada putusan MK," jelasnya.

Lebih jauh, Mahfud mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan dan siap bila ada pihak-pihak yang melayangkan tuntutan terkait hal tersebut.

Seperti diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo resmi menghentikan siaran TV analog menjadi TV digital pada Rabu, 2 November 2022 tepat pukul 24.00 WIB. 

Per tanggal itu, terdapat 230 kabupaten dan kota yang sudah migrasi ke siaran digital.

Baca Juga: Ditegur Mahfud, 7 Channel TV Akhirnya Hentikan Siaran Analog, Mayoritas Punya MNC Group



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x