Kompas TV internasional kompas dunia

Bisnis Jerman di China Terganggu Perang Rusia-Ukraina, Kanselir Scholz Desak Xi Jinping Lakukan Ini

Kompas.tv - 5 November 2022, 02:05 WIB
bisnis-jerman-di-china-terganggu-perang-rusia-ukraina-kanselir-scholz-desak-xi-jinping-lakukan-ini
Dalam pertemuan yang dipantau seluruh dunia dengan Presiden Xi Jinping di Beijing hari Jumat (4/11/2022), Kanselir Jerman Olaf Scholz mendesak China menggunakan pengaruhnya terhadap Rusia. (Sumber: Japan Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV — Kanselir Jerman Olaf Scholz mendesak China menggunakan pengaruhnya terhadap Rusia. Scholz menyuarakan desakannya dalam pertemuan yang dipantau seluruh dunia dengan Presiden Xi Jinping di Beijing, Jumat (4/11/2022). 

Desakan Scholz ditanggapi Presiden China Xi Jinping dengan mengulangi seruan agar Rusia dan Ukraina kembali berbicara dan berunding, serta memperingatkan kemungkinan konflik berpeluang melibatkan senjata nuklir, seperti laporan Associated Press, Jumat (4/11).

Scholz berada di Beijing untuk kunjungan satu hari, namun kunjungan itu menuai kritik karena dukungan diam-diam China untuk Rusia. 

Kontroversi lawatan Scholz ke Beijing di antaranya tentang hubungan ekonomi kedua negara, masalah hak asasi manusia China, serta pilihan waktu perjalanan.

Kunjungan Scholz berlangsung setelah Xi semakin memperkuat pemerintahan otoriternya usai kongres besar Partai Komunis bulan lalu dan ketika China terus menolak untuk mengkritik Rusia.

Kunjungan Scholz mencerminkan pentingnya hubungan perdagangan Jerman dengan China, ekonomi terbesar kedua di dunia, khususnya di sektor otomotif dan manufaktur. Mercedes Benz sendiri menjual 758.863 mobil di China tahun lalu, lebih banyak daripada di negara lain, menurut angka perusahaan otomotif Jerman itu.

Baca Juga: Beijing Murka Washington Usik Deal Pelabuhan Hamburg: Itu Bisnis China dan Jerman, AS Tak Punya Hak!

Dalam pertemuan yang dipantau seluruh dunia dengan Presiden Xi Jinping di Beijing hari Jumat, (4/11/2022), Kanselir Jerman Olaf Scholz mendesak China menggunakan pengaruhnya terhadap Rusia. Desakan Scholz ditanggapi Presiden China Xi Jinping dengan mengulangi seruan agar Rusia dan Ukraina kembali berbicara dan berunding. (Sumber: Straits Times)

Scholz yang bepergian dengan beberapa pemimpin bisnis top Jerman, menerima sambutan resmi dari Xi Jinping yang baru-baru ini diangkat kembali sebagai pemimpin Partai Komunis dan menjabat untuk masa jabatan ketiga.

“Saat ini, situasi internasional kompleks dan dapat berubah,” kata Xi seperti dikutip Scholz oleh penyiar CCTV negara. "Sebagai kekuatan berpengaruh, China dan Jerman harus bekerja sama di masa perubahan dan kekacauan untuk memberikan lebih banyak kontribusi bagi perdamaian dan pembangunan dunia."

Di Ukraina, Xi "menunjukkan bahwa China mendukung Jerman dan Uni Eropa memainkan peran penting dalam mempromosikan pembicaraan damai dan mempromosikan pembangunan kerangka keamanan Eropa yang seimbang, efektif dan berkelanjutan," lapor CCTV.

Itu tampaknya merupakan tanda kemarahan Rusia atas ekspansi timur NATO, sebagian besar akibat kebijakan Moskow yang semakin agresif terhadap tetangganya.

Komunitas internasional harus "menciptakan kondisi untuk dimulainya kembali negosiasi (dan) bersama-sama menentang penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir," kata Xi Jinping.

Scholz adalah pemimpin pertama dari Kelompok Tujuh negara industri terkemuka G7 yang bertemu dengan Xi Jinping sejak awal pandemi Covid-19 dan pemimpin Eropa pertama yang mengunjungi China sejak serangan Rusia ke Ukraina, yang ditentang keras oleh Jerman.

Baca Juga: Roket Luar Angkasa China Tak Terkendali, Penerbangan di Spanyol Dibatalkan, Bandara Ditutup

Presiden China Xi Jinping. Dalam pertemuan yang dipantau seluruh dunia dengan Presiden Xi Jinping di Beijing hari Jumat (4/11/2022), Kanselir Jerman Olaf Scholz mendesak China menggunakan pengaruhnya terhadap Rusia. Desakan Scholz ditanggapi Presiden China Xi Jinping dengan mengulangi seruan agar Rusia dan Ukraina kembali berbicara dan berunding. (Sumber: AP Photo/Andy Wong, File)

Perjalanan diplomatik yang rumit itu terjadi ketika Jerman dan Uni Eropa menyusun strategi mereka menghadapi China yang semakin tegas dan otoriter.

Sementara itu pada hari Jumat, diplomat G7 bertemu di Jerman menggalang dukungan untuk Ukraina dan bersatu di sekitar kecurigaan meningkatnya ketegasan China di tengah berbagai krisis global.

Beijing memberikan dukungan diplomatik kepada Moskow dengan berulang kali menyerukan pembicaraan damai sambil menolak untuk mendukung langkah-langkah di PBB yang mengkritik invasi Rusia.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x