Kompas TV regional berita daerah

Jawa Tengah Punya Satu Lagi Asrama Haji di Kota Semarang

Kompas.tv - 4 November 2022, 12:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk memastikan kelancaran pembangunan asrama haji di Kota Semarang, sejumlah anggota DPR RI Komisi VIII melakukan peninjauan langsung yang berlokasi di kawasan Islamic Center, Manyaran, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Rencananya, bangunan 4 lantai yang menelan anggaran Rp 34 Miliar lebih ini, akan memuat 400 kamar yang diperuntukan untuk calon jemaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci Mekah. Saat ini, pembangunannya sudah mencapai 65 persen dan ditargetkan selesai akhir Desember 2022.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saat ini memiliki satu asrama haji di Solo Raya, yang berada di Desa Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, untuk mendukung keberadaan Embarkasi Solo, yang menggunakan Bandara Adi Soemarmo.

Pembangunan satu lagi asrama haji di kawasan Islamic Center Manyaran ini rencananya akan menampung calon jemaah haji dari Kota Semarang dan sekitarnya seperti Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Demak dan Kabupaten Kudus.

"Melihat bagaimana pembangunan asrama haji, yang Alhamdulilah di Kota Semarang. Ini sudah dikerjakan secara baik. Saya menyampaikan apresiasi yang baik atas pembangunan ini," ujar Riyanta, Anggota DPR RI Fraksi PDI-P.

Nantinya, asrama haji di kawasan Islamic Center Manyaran Kota Semarang akan dilengkapi bangunan dua tower 5 lantai, yang ditargetkan rampung 2024 mendatang.

"Kita persiapkan dulu tempatnya, baru akan selesai 2024. Tahun 2023 akan dirapikan lagi, tahun 2024 kita akan bangun dua tower lagi. Kalau sudah selesai tahap selanjutnya bagaimana memberangkatkan dari Semarang," jelas Musta'in Ahmad, Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah.

Diharapkan asrama haji di Kota Semarang dipergunakan secara maksimal, tidak hanya untuk kegiatan haji saja, melainkan untuk kegiatan lain seperti hotel haji, pelatihan, dan kegiatan keagamaan serta sosial lainnya yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat Jawa Tengah.

#asramahaji #islamiccenter #kementerianagama



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.