Kompas TV regional budaya

3 Minute Update: Transformasi Info Hiburan ke Dunia Korea

Jumat, 4 November 2022 | 10:21 WIB
3-minute-update-transformasi-info-hiburan-ke-dunia-korea
(Sumber: Medio bt KG Media)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat ini, siapa yang tak kenal dengan Korea Selatan? Saat menyebut tteokbokki, odeng, skincare, drama Korea, hingga BTS orang-orang pasti akan langsung mengetahui asalnya.

Dalam dua dekade terakhir, budaya Korea terus berkembang pesat sehingga memunculkan istilah baru, yaitu Korean Wave atau yang dikenal sebagai Demam Korea di Indonesia. Fenomena ini pun semakin terasa dekat di kehidupan sehari-hari, terutama generasi milenial dan Gen Z. 

Salah satu upaya itu diwujudkan Medio Podcast Network dengan mengubah secara total konten 3 MINUTE UPDATE yang dapat diakses melalui dik.si/3minuteupdate. Awalnya, siniar ini berfokus untuk memberikan informasi seputar dunia hiburan dari Indonesia dan mancanegara.

Namun, melihat antusiasme para pendengar yang cukup besar terhadap konten Korea, 3 MINUTE UPDATE memutuskan untuk mengubah total isi kontennya menjadi informasi seputar industri hiburan, budaya, hal-hal yang sedang tren, hingga objek wisata dari negeri ginseng itu per Oktober 2022.

Baca Juga: Polisi Korea Selatan Mengaku Gagal Antisipasi Tragedi Itaewon, Menyesali Kebijakan Kontrol Kerumunan

Meningkatnya Antusiasme Masyarakat Indonesia terhadap Budaya Korea

Ada banyak sekali faktor yang melatarbelakangi tim 3 MINUTE UPDATE dalam mengubah isi kontennya. Namun, meningkatnya tren Korea di kalangan remaja menjadi pemantik utamanya.

Tanpa disadari, kini budaya dari negeri gingseng itu telah melebur ke dalam kehidupan sehari-hari melalui dunia hiburan, seperti musik, drama, dan variety show. Tak hanya itu, fashion, make up, skincare, makanan, gaya bicara, hingga bahasa juga turut memengaruhi gaya hidup ribuan remaja di Indonesia. 

Mengutip dari Kompascom, Indonesia sendiri merupakan rumah bagi jutaan K-Popers yang loyal. Pada 2019, Twitter mengumumkan Indonesia berada di peringkat ketiga setelah Thailand dan Korea Selatan sebagai negara paling banyak yang mengunggah twit seputar artis K-Pop. 

Aktivitas para penggemar K-Pop yang positif itu ternyata bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental. Penelitian Azzahra dan Ariana (2021) menunjukkan terdapat hubungan positif antara celebrity worship dengan psychological well-being pada penggemar K-Pop di usia dewasa awal. Sebab, saat menonton konten sang idola, perasaan stres K-Popers pun berkurang.

Baca Juga: Usung Tema "Hallyu! The Korean Wave", Museum di London Gelar Pameran Demi Apresiasi Budaya Korsel

Dampak yang positif ini membuat beberapa jenama Indonesia tak menyia-nyiakan kesempatannya. Mereka pun berlomba-lomba menggaet artis Korea untuk saling bekerja sama. Sebut saja, kolaborasi antara Lemonilo dan NCT Dream untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. 

Hasilnya, kolaborasi ini pun berhasil meningkatkan brand image sebesar 39,8 persen terhadap generasi muda. Pada Februari 2022, pendapatan penjualan mi instan Lemonilo meningkat 154,9 persen setelah mereka menerapkan promosi pembelian produk berhadiah photocard NCT Dream.

Melihat keberhasilan itu, Sulyana Andikko, Head of Product Medio Podcast Network by KG Media, pun membagikan harapannya terhadap hadirnya konten Korea di 3 MINUTE UPDATE, “Semoga terhibur dengan sajian berita Korea yang emang udah menjadi semacam konten wajib yah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya Gen Z. Dan kami sangat bersemangat untuk mempelajari lebih jauh mengenai behaviour fandom ini.”

Episode podcast ini akan tayang setiap hari di Spotify. Jadi, bagi para K-Popers yang memiliki kesibukan tapi tetap ingin mendengarkan berita terbaru idolanya, 3 MINUTE UPDATE hadir dengan memberikan konten-konten Korea ter-update setiap harinya.

Klik tautan berikut agar kamu tak ketinggalan setiap episode terbaru dari 3 MINUTE UPDATE https://dik.si/3minuteupdate

 

Narahubung

Sulyana Andikko

Executive Producer

Surel: [email protected]

 

Medio by KG Media

Instagram: https://www.instagram.com/mediobykgmedia

TikTok: https://www.tiktok.com/@mediobykgmedia 

Surel: [email protected]


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Kompak, 6 Terdakwa OOJ Sebut Ditipu Ferdy Sambo

Sabtu, 4 Februari 2023 | 14:55 WIB
VOD

Kreasi Pengusaha Kue Rumahan di Kota Sukabumi

Sabtu, 4 Februari 2023 | 14:43 WIB
Close Ads x